Show simple item record

dc.contributor.authorDian Wahyu Wijayanti
dc.date.accessioned2013-12-17T12:57:18Z
dc.date.available2013-12-17T12:57:18Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210193013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9577
dc.description.abstractModel pembelajaran TTW (Think-Talk-Write) memiliki tiga komponen utama, yaitu: berpikir, diskusi, dan menulis. Berpikir memberikan kesempatan pada siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal yang disampaikan oleh guru secara individu. Diskusi memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengungkapkan ide-ide dan pendapat yang dimiliki dalam bentuk lisan. Menulis memberikan kesempatan kepada siswa untuk menuangkan ide-ide dan pendapat yang dimilikinya dalam bentuk tulisan. Pembelajaran model TTW juga mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerjasama serta keaktifan siswa sehingga diharapkan dapt meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model TTW terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Panti tahun ajaran 2011/2012. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan secara Quasi eksperimen. Kegiatan pengumpulan datadilakukan dengan pengukuran motivasi belajar, hasil belajar biologi siswa, observasi mengajar, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru dan siswa. Metode penelitian menggunakan design penelitian non-equivalent posttest-only design, dimana terdapat dua kelas sebagai sampel yaitu satu kelas eksperimen menggunakan pembelajaran kooperatif model TTW serta satu kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru biologi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap hasil angket motivasi maupun hasil ulangan harian. Untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kooperatif model TTW terhadap motivasi dan hasil belajar siswa digunakan uji statistik ANOVA. Analisis motivasi belajar siswa terdiri atas aspek attention, relevance, convidence, dan satisfaction. Hasil analisis nilai motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa rerata kelas eksperimen lebih besar (89,19) daripada rerata kelas kontrol (81,58). Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa pembelajaran kooperatif model TTW berpengaruh sangat signifikan (p=0,000) terhadap motivasi belajar siswa. Analisis hasil belajar siswa terdiri atas ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil analisis ranah kognitif menunjukkan bahwa rerata kelas eksperimen (75,87) lebih besar daripada kelas kontrol (73,13) dengan nilai signifikannsi sebesar (p=0,037). Hasil analisis ranah afektif menunjukkan bahwa rerata nilai afektif kelas eksperimen lebih besar (77,97) daripada kelas kontrol (73,00) dengan nilai signifikansi (p=0,023). Hasil analisis ranah psikomotorik menunjukkan bahwa rerata nilai psikomotorik kelas eksperimen lebih besar (90,78) daripada kelas kontrol (85,75) dengan nilai signifikansi (p=0,002). Pembelajaran kooperatif model TTW berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar ranah afektif, dan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran kooperatif model TTW berpengaruh sangat signifikan (p=0,000) terhadap motivasi belajar siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Panti, dengan rerata kelas eksperimen 89,19 dan kelas kontrol 81,58 dan (2) pembelajaran kooperatif model TTW berpengaruh signifikan (p=0,037) terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif, berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar ranah afektif (p=0,002), dan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa ranah psikomotorik (0,023). Dengan rerata nilai kognitif kelas eksperimen lebih besar (75,87 ± 5,71) daripada kelas kontrol (73,13 ±5,54), rerata nilai afektif kelas eksperimen lebih besar (77,97±6,92) daripada kelas kontrol (73,00±6,41), rerata nilai psikomotorik kelas eksperimen lebih besar (90,78±8,18) daripada kelas kontrol (85,75±10,6).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193013;
dc.subjectPembelajaran Kooperatif Model Think-Talk-Write (TTW), Motivasi dan Hasil Belajar Biologien_US
dc.titlePengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Think-Talk-Write (TTW) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas VII semester Genap SMP Negeri 1 Panti Tahun Ajaran 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record