dc.description.abstract | IPA Biologi memberikan pengaruh yang cukup penting dalam menunjang
kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Secara umum, IPA Biologi
merupakan cabang ilmu yang kualitatif, Artinya penggunaan konsep-konsep dan
pengaplikasian IPA Biologi yang menggunakan teori dan eksperimen, sehingga
keberhasilan pembelajaran di sekolah tidak saja tergantung dari baiknya rumusan
kurikulum atau silabus, tetapi juga perlu didukung oleh tersedianya sarana
pembelajaran yang memadai.
Permasalahan yang dapat dirumuskan yaitu adakah peningkatan aktivitas
dan hasil belajar IPA Biologi siswa menggunakan Model Pembelajaran NHT
(Numbered Heads Together) dengan metode Everyone Is a Teacher Here kelas
VIII-A SMPN 1 Sumbermalang Situbondo tahun pelajaran 2011/2012.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar IPA Biologi siswa menggunakan Model Pembelajaran NHT
(Numbered Heads Together) dengan metode Everyone Is a Teacher Here kelas
VIII-A SMPN 1 Sumbermalang Situbondo tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tempat
penelitian di SMPN 1 Sumbermalang Situbondo. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa-siswi kelas VIII-A semester genap tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini dilakukan pada bulan januari-maret 2012. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik
analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Indikator aktivitas yang
diukur yaitu memperhatikan penjelasan guru, menjawab atau mengajukan
pertanyaan, kerjasama dalam kelompok, berdiskusi, mengerjakan tugas/LKS.
Persentase aktivitas dan hasil belajar IPA Biologi siswa digunakan untuk
menunjukkan peningkatan hasil belajar antara pembelajaran pada observasi dan
pra-siklus, siklus I dan siklus II.
Hasil analisis data aktivitas memperlihatkan bahwa aktivitas belajar pra
siklus dan setelah siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I terjadi peningkatan
aktivitas belajar IPA Biologi dari 39,58% menjadi 57,96% dan masuk kategori
sedang. Persentase aktivitas belajar siswa juga meningkat menjadi 67,22% pada
siklus II dan masuk kategori aktif. Persentase hasil belajar siswa juga mengalami
peningkatan pada siklus I dari 38,89% menjadi 66,67%. Hal tersebut belum
memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan sekolah, sehingga dilanjutkan
ke siklus II untuk mendapatkan nilai yang lebih baik lagi. Pada siklus II, analisis
data hasil belajar IPA Biologi siswa menunjukkan peningkatan ketuntasan hasil
belajar dari siklus I sebesar 66,67% menjadi sebesar 80,56% pada siklus II.
Analisis data hasil belajar IPA Biologi siswa pada siklus II telah memenuhi
kriteria ketuntasan klasikal yang ditetapkan oleh SMPN 1 Sumbermalang yaitu
sebesar ≥ 75%, maka penelit ian telah dapat dihent ikan karena tujuan penelit ian
telah tercapai.
Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang dilakukan, dapat
disimpulkan bahwa siswa kelas VIII-A mengalami peningkatan aktivitas dan
hasil belajar IPA Biologi dari saat observasi, pra siklus ke siklus I dan terjadi
peningkatan pula dari siklus I ke siklus II. Hal ini membuktikan bahwa model
pembelajaran NHT dengan metode everyone is a teacher here dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII-A.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan aktivitas dan
hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII-A SMPN 1 Sumbermalang dalam
model pembelajaran NHT dengan metode everyone is a teacher here. | en_US |