Show simple item record

dc.contributor.authorRatna Ningsih
dc.date.accessioned2013-12-17T10:39:10Z
dc.date.available2013-12-17T10:39:10Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM070210302020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9554
dc.description.abstractK. H. Ahmad Dahlan merupakan salah satu tokoh pembaharu dalam Islam sekaligus sebagai pendiri persyarikatan Muhammadiyah. K. H. Ahmad Dahlan mulai melakukan ide pembaharuan sekembalinya dari haji pertama yaitu pada tahun 1888, melihat keadaan masyarakat Islam di Indonesia yang mengalami kemerosotan disebabkan oleh keterbelakangan pengetahuan akibat tekanan penjajahan pemerintah Belanda. Pemerintah Belanda menginginkan rakyat pribumi sebagai buruh kasar dengan upah rendah sehinga tidak lagi memikirkan pendidikan. Adanya perbedaan dalam pendidikan menyebabkan berkembangnya dualisme pendidikan yakni sistem pendidikan kolonial Belanda dan sistem pendidikan Islam tradisional yang berpusatkan di pondok pesantren. Melihat perbedaan pendidikan yang terjadi pada saat itu maka timbulah ide dari K. H. Ahmad Dahlan untuk melakukan pembaharuan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Mengapa K. H. Ahmad Dahlan melakukan pembaharuan pendidikan di Indonesia?; (2) Bagaimana usaha K. H. Ahmad Dahlan dalam melakukan pembaharuan pendidikan di Indonesia pada tahun 1911-1923?; (3) Apa dampak pembaharuan pendidikan K. H. Ahmad Dahlan di Indonesia?. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai oleh penulis adalah: (1) ingin mengkaji latar belakang K. H. Ahmad Dahlan melakukan pembaharuan pendidikan di Indonesia tahun 1911-1923; (2) ingin mengkaji usaha K. H. Ahmad Dahlan dalam melakukan pembaharuan pendidikan di Indonesia pada tahun 1911- 1923; (3) ingin mengkaji reaksi masyarakat terhadap pembaharuan pendidikan K. H. Ahmad Dahlan di Indonesia. Manfaat dalam penelitian ini adalah: (1) bagi penulis, dapat dijadikan sebagai latihan dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah, latihan berfikir, memecahkan masalah secara ktitis dan logis, menambah wawasan tentang sejarah pendidikan Indonesia pada umumnya dan menambah wawasan tentang peranan K. H. Ahmad Dahlan dalam pembaharuan pendidikan di Indonesia 1911- 1923; (2) bagi pembaca, dapat menambah wawasan pengetahuan tentang peranan K. H. Ahmad Dahlan dalam pembaharuan pendidikan di Indonesia tahun 1911-1923; (3) bagi caon guru sejarah, dapat menambah penguasaan materi Sejarah Nasional Indonesia dan Sejarah Pendidikan, sebab materi ini merupakan salah satu komponen seorang guru dalam mengajar; (4) bagi almamater FKIP Universitas Jember, merupakan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu dharma penelitian serta dapat menambah khasanah kepustakaan Universitas Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan pendekatan sosiologi pendidikan dan teori pendidikan liberal. Metode penelitian tersebut terdiri atas heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Dalam melakukan pembaruan K. H. Ahmad Dahlan tidak hanya mendirikan sekolah, tetapi ikut membantu mengajar ilmu keagamaan di sekolah lain seperti di Kweekschool Gubernamen Jetis. K. H. Ahmad Dahlan juga melakukan pembaharuan lain seperti mendirikan masjid, menerbitkan surat kabar yang memuat tentang ilmu- ilmu agama islam. Kesimpulan yang dapat diambil secara garis besar dalam penelitian ini adalah K. H. Ahmad Dahlan melakukan pembaharuan pendidikan di Indonesia didasarkan atas pertimbangan kondisi masyarakat Indonesia yang mengalami keterbelakangan. Pembaharuan yang dirintis K. H. Ahmad Dahlan yaitu menggabungkan pendidikan umum dan pendidikan agama Islam yang diberi nama Madrasah Ibtidaiyah Diniyah pada tahun 1911, pembaharuan pendidikan K. H. Ahmad Dahlan menimbulkan dampak terhadap masyarakat yang tidak menerima Salah satunya adalah tentang arah kiblat shalat yang banyak ditentang oleh masyarakat. Adapun saran yang diberikan peneliti Masyarakat hendaknya lebih memperhatikan pendidikan dan menjaga infrastruktur pendidikan. Serta dapat memnfaatkan pendidikan yang sudah ada dengan baik dan tepat fungsi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210302020;
dc.subjectK. H. Ahmad Dahlan, Pembaharuan Pendidikan, Indonesia Tahun 1911-1923en_US
dc.titlePERANAN K. H. AHMAD DAHLAN DALAM PEMBAHARUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA TAHUN 1911-1923en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record