dc.description.abstract | Penelitian ini menganalisisi jumlah fasilitas pelayanan yang optimal dan
cost and benefit dari pengoptimalan fasilitas pelayanan yang digunakan. Jenis data
yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian
ini adalah observasi tentang jumlah kedatangan pelanggan dalam sistem
pelayanan, tingkat pelayanan, dan fasilitas pelayanan persatuan waktu. Analisis
menggunakan model antrian Multi Channnel Single Phase dan penggunaan
random number yang menggambarkan tingkat kedatangan pelanggan yang
bersifat acak dan tidak dapat diprediksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui
terdapat tiga season kedatangan pelanggan yakni off season, awal semester, dan
hari aktif sekolah; serta tiga tingkat pelayanan pelanggan yakni 61,4; 75,36 dan
52. Jumlah fasilitas pelayanan yang optimal pada off season dengan rata-rata
kedatangan pelanggan sebesar 64,18 pada tingkat pelayanan pelanggan (𝜇) 61,4
sebanyak 5 unit, pada tingkat pelayanan pelanggan (𝜇) 75,36 sebanyak 4 unit dan
pada tingkat pelayanan pelanggan (𝜇) 52 sebanyak 6 unit. Season awal semester,
jumlah fasilitas pelayanan (𝜇) optimal untuk ketiga tingkat pelayanan sebanyak 6
unit dengan kedatangan rata-rata pelanggan sebesar 102,7. Season hari aktif
sekolah memiliki pola jumlah fasilitas pelayanan yang optimal seperti off season,
yakni 5 unit pada tingkat pelayanan (𝜇) 61,4; 4 unit pada tingkat pelayanan (𝜇)
75,36 dan 6 unit pada tingkat pelayanan (𝜇) 52 dengan tingkat kedatangan
pelangan rata-rata sebesar 69,31. Penentuan jumlah fasilitas pelayanan yang
optimal berdasarkan waktu tunggu paling singkat dan biaya operasional yang
lebih sedikit. | en_US |