• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Simulasi Antrian Kasir pada Model Antrian Jalur Berganda di Senyum Media Stationary

    Thumbnail
    View/Open
    Hafida Sofia 1.pdf (2.314Mb)
    Author
    Sofia, Hafida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menganalisisi jumlah fasilitas pelayanan yang optimal dan cost and benefit dari pengoptimalan fasilitas pelayanan yang digunakan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah observasi tentang jumlah kedatangan pelanggan dalam sistem pelayanan, tingkat pelayanan, dan fasilitas pelayanan persatuan waktu. Analisis menggunakan model antrian Multi Channnel Single Phase dan penggunaan random number yang menggambarkan tingkat kedatangan pelanggan yang bersifat acak dan tidak dapat diprediksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat tiga season kedatangan pelanggan yakni off season, awal semester, dan hari aktif sekolah; serta tiga tingkat pelayanan pelanggan yakni 61,4; 75,36 dan 52. Jumlah fasilitas pelayanan yang optimal pada off season dengan rata-rata kedatangan pelanggan sebesar 64,18 pada tingkat pelayanan pelanggan (𝜇) 61,4 sebanyak 5 unit, pada tingkat pelayanan pelanggan (𝜇) 75,36 sebanyak 4 unit dan pada tingkat pelayanan pelanggan (𝜇) 52 sebanyak 6 unit. Season awal semester, jumlah fasilitas pelayanan (𝜇) optimal untuk ketiga tingkat pelayanan sebanyak 6 unit dengan kedatangan rata-rata pelanggan sebesar 102,7. Season hari aktif sekolah memiliki pola jumlah fasilitas pelayanan yang optimal seperti off season, yakni 5 unit pada tingkat pelayanan (𝜇) 61,4; 4 unit pada tingkat pelayanan (𝜇) 75,36 dan 6 unit pada tingkat pelayanan (𝜇) 52 dengan tingkat kedatangan pelangan rata-rata sebesar 69,31. Penentuan jumlah fasilitas pelayanan yang optimal berdasarkan waktu tunggu paling singkat dan biaya operasional yang lebih sedikit.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/95502
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12394]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository