Show simple item record

dc.contributor.authorSEPTIN INDAH WIDIATI
dc.date.accessioned2013-12-17T07:34:55Z
dc.date.available2013-12-17T07:34:55Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM090210102052
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9513
dc.description.abstractRINGKASAN Peningkatan Keterampilan Generik Sains dan Hasil Belajar IPA-Fisika dengan Model Learning Cycle 5E disertai Metode Eksperimen pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Maesan; Septin Indah Widiati; 090210102052; 2013; halaman; Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pembelajaran fisika dapat diartikan sebagai proses belajar mengajar yang mempelajari kejadian alam. Pada pembelajaran fisika, kemampuan pemahaman konsep merupakan syarat mutlak dalam mencapai keberhasilan belajar fisika. Hal ini menunjukkan bahwa pelajaran fisika bukanlah pelajaran hafalan tetapi lebih menuntut pemahaman dan aplikasi konsep sehinggga terjadi belajar bermakna. Dengan demikian, dalam pembelajaran fisika siswa dituntut untuk dapat berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Namun pada kenyataannya, kegiatan belajar mengajar masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada kelas VIII D SMP Negeri 2 Maesan, proses pembelajaran fisika yang dilakukan di kelas kurang sesuai dengan hakikat pembelajaran fisika yang meliputi adanya proses dan produk. Guru lebih sering menggunakan model pembelajaran langsung vii Berdasarkan permasalahan di atas, maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas yaitu dengan memberikan model pembelajaran yang inovatif. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa kelas VIII D di SMP Negeri 2 Maesan yaitu melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E disertai Metode Eksperimen. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan generik sains dan hasil belajar fisika siswa dengan model Learning Cycle 5E disertai Metode Eksperimen pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Maesan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Maesan dengan jumlah siswa 24 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan pra siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data setelah penelitian dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan generik sains dan hasil belajar dari kegiat an pra siklus hingga kegiatan siklus 2. Peningkatan keterampilan generik sains pada siklus 1 ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,317 yang merupakan kategori peningkatan rendah dan pada siklus 2 sebesar 0,567 yang merupakan kategori peningkatan sedang. Adapun peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,203 yang merupakan kategori peningkatan rendah dan pada siklus 2 sebesar 0,395 yang merupakan kategori peningkatan sedang. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa keterampilan generik sains dan hasil belajar IPA-fisika siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Maesan menggunakan model Learning Cycle 5E disertai Metode Eksperimen mengalami peningkatan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102052;
dc.subjectLearning Cycle 5Een_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 2 MAESANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record