Show simple item record

dc.contributor.authorIndah Sulistiyani
dc.date.accessioned2013-12-17T06:20:21Z
dc.date.available2013-12-17T06:20:21Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM080210204275
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9482
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Jenggawah 05 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang dianalisis adalah aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) penggunaan Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Jenggawah 05 Jember tahun pelajaran 2011/2012, yaitu skor rata-rata yang diperoleh sebelum adanya tindakan sebesar 38,46%, siklus I sebesar 59,40%, siklus II sebesar 70,94%, (2) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan klasikal sebelum tindakan dan pelaksanaan siklus. Sebelum tindakan ketuntasan klasikal sebesar 50%, siklus I sebesar 73,08%, siklus II sebesar 84,62%. Saran-saran yang dapat diberikan adalah diharapkan guru dapat menggunakan model Learning Cycle sebagai alternatif dalam proses pembelajaran sehingga dapat mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204275;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar IPA, Tumbuhan dan Fungsinya, Learning Cycleen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA MELALUI LEARNING CYCLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JENGGAWAH 05 JENGGAWAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record