dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
di SDN Jenggawah 05 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa
sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa
perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang dianalisis adalah aktivitas
dan hasil belajar siswa selama pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1)
penggunaan Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pokok
bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN
Jenggawah 05 Jember tahun pelajaran 2011/2012, yaitu skor rata-rata yang diperoleh
sebelum adanya tindakan sebesar 38,46%, siklus I sebesar 59,40%, siklus II sebesar
70,94%, (2) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat
pada ketuntasan klasikal sebelum tindakan dan pelaksanaan siklus. Sebelum tindakan
ketuntasan klasikal sebesar 50%, siklus I sebesar 73,08%, siklus II sebesar 84,62%.
Saran-saran yang dapat diberikan adalah diharapkan guru dapat menggunakan model
Learning Cycle sebagai alternatif dalam proses pembelajaran sehingga dapat
mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan. | en_US |