• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SIMULASI TEORI ANTRIAN PADA KANTOR CABANG PEMBANTU PT. BANK NEGARA INDONESIA, Tbk KAMPUS JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Dwi Agustyaningrum_1.pdf (2.939Mb)
    Author
    Agustyaningrum, Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberadaan nasabah sangat penting dalam keberlangsungan kegiatan operasional dalam sebuah perbankan, karena nasabah merupakan sumber utama berjalannya sebuah perbankan sehingga Kantor Cabang Pembantu PT. Bank Negara Indonesia, Tbk kampus Jember harus dapat memberikan kepuasan kepada nasabah. Upaya memberikan rasa puas dan menumbuhkan kepercayaan terhadap nasabah bisa dilakukan dengan cara memberikan pelayanan yang prima kepada nasabah. Antrian merupakan salah satu masalah kurang optimalnya pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Penggunaan model antrian dapat membantu pihak manajemen dalam menentukan jumlah jalur pelayanan yang optimal pada kondisi ramai, normal, dan sepi di Kantor Cabang Pembantu PT. Bank Negara Indonesia, Tbk kampus Jember, sehingga dapat memberikan kinerja yang optimal dalam pelayanannya. Penelitian ini merupakan penelitian action research dengan menggunakan analisis model antrian Multi Channel Single Phase. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer. Data primer dalam penelitian ini adalah observasi tentang jumlah kedatangan nasabah yang akan melakukan transaksi dan memperoleh pelayanan di Kantor Cabang Pembantu PT. Bank Negara Indonesia, Tbk kampus Jember. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata – rata tingkat kedatangan nasabah ( λ ) pada kondisi ramai adalah 35 orang, kondisi normal adalah 29 orang, dan kondisi sepi adalah 18 orang dan rata – rata tingkat pelayanan ( μ ) adalah 29 orang per jam. Jumlah jalur fasilitas pelayanan di Kantor cabang pembantu PT. Bank Negara Indonesia, Tbk kampus Jember yang ada sudah optimal yaitu 3 jalur fasilitas pelayanan. Banyaknya jalur optimal yang terbuka pada kondisi ramai sebanyak 3 jalur fasilitas pelayanan, sedangkan pada kondisi normal dan sepi sebanyak 2 jalur fasilitas pelayanan. Dan banyak jalur optimal yang terbuka per hari sebaiknya 2 jalur fasilitas pelayanan
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94639
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12458]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository