dc.contributor.advisor | NA'IM, Mohammad | |
dc.contributor.advisor | SUMARNO | |
dc.contributor.author | FITRASARI, Linda | |
dc.date.accessioned | 2019-11-21T06:35:46Z | |
dc.date.available | 2019-11-21T06:35:46Z | |
dc.date.issued | 2019-05-28 | |
dc.identifier.nim | 130210302060 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94522 | |
dc.description.abstract | Salah satu tujuan pembelajaran sejarah dalam kurikulum K13 yaitu menumbuhkan keterampilan berpikir sejarah (historical thinking). Namun berdasarkan hasil observasi pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN Kalisat memiliki permasalahan terkait kurangnya keterampilan berpikir historis peserta didik, hal tersebut ditunjukkan dengan: (1) peserta didik kurang mampu mengurutkan terjadinya suatu peristiwa; (2) peserta didik hanya dapat menjawab pertanyaan C1 dan C2; (3) peserta didik belum mampu menghubungkan peristiwa sejarah yang terjadi dengan peristiwa sejarah yang lain; (4) sumber-sumber yang digunakan oleh peserta didik belum beragam; (5) peserta didik belum mampu menyebutkan fakto-faktor penyebab terjadinya suatu peristiwa dengan benar. Hal tersebut menyebabkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik belum mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu sebesar 77. Berdasarkan permasalahan tersebut, model pembelajaran concept attainment digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir historis dan hasil belajar peserta didik. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember | en_US |
dc.subject | Historis dan Hasil Belajar Peserta Didik | en_US |
dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Historis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMAN Kalisat Tahun Ajaran 2018/2019 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Sejarah | |
dc.identifier.kodeprodi | 2103020 | |