dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan level keterampilan berpikir tingkat tinggi
mahasiswa yang berkemampuan berpikir reflektif dalam menyelesaiakan soal
pewarnaan titik r-dinamis dari kelas eksperimen, terdapat 11,11% siswa yang
memiliki kemampuan berpikir tingkat rendah, dan 88,89% memiliki kemampuan
berpikir tingkat tinggi dengan kemampuan berpikir reflektif mereka 25% dari
rendah tingkat, 68,75% tingkat sedang, 6,25% dari tingkat tinggi. Dari kelas
kontrol, terdapat 27,78% siswa yang memiliki kemampuan berpikir tingkat rendah
dan 72,22% siswa yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan
kemampuan berpikir reflektif mereka adalah 53,85% level rendah, dan 46,15%
level sedang.
Terdapat perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dalam
menyelesaikan pewarnaan titik r-dinamis yang berkemampuan berpikir reflektif dan
yang tidak pada tahap pos tes dengan nilai signifikansi uji independent sample t
tes 0,05 dimana nilai tersebut ≤0,05.
Terdapat pengaruh penerapan pembelajaran discovery learning terhadap
keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dalam menyelesaikan pewarnaan
titik r-dinamis yang berkemampuan berpikir reflektif dengan hasil uji regresi model
pembelajaran untuk kelas eksperimen 𝑡
72
ℎ𝑖𝑛𝑔
> 𝑡
(4.649 > 2.119) yang
berari Ho diterima dan Ha ditolak.
𝑒𝑙
Proses menyelesaikan soal pewarnaan titik r-dinamis dari sebagian subjek
untuk subjek 1 tahap analisis lembar kerja level berpikir berada pada kategori
level tinggi tahap evaluasi kritis, subjek 2 pada kategori sedang level evaluasi
deskriptif dan subjek 3 ketegori rendah level analisis dialogis dengan analisis alur
berpikir pada gambar 4.11, 4.12, 4.13 dengan kombinasi alur berpikir seperti
gambar 4.14. | en_US |