Show simple item record

dc.contributor.advisorMUDAKIR, Imam
dc.contributor.advisorFIKRI, : Kamalia
dc.contributor.authorPERMATASARI, Elma Ayu
dc.date.accessioned2019-11-20T07:05:11Z
dc.date.available2019-11-20T07:05:11Z
dc.date.issued2018-09
dc.identifier.nimNIM140210103049
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94487
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan E-modul berbasis Adobe flash pada pokok bahasan sistem reproduksi untuk pembelajaran Biologi di SMA, menguji validitas E-modul berbasis Adobe flash pada pokok bahasan sistem reproduksi untuk pembelajaran Biologi di SMA, menguji kepraktisan E-modul berbasis Adobe flash pada pokok bahasan sistem reproduksi untuk pembelajaran Biologi di SMA dan untuk menguji efektifitas E-modul berbasis Adobe flash pada pokok bahasan sistem reproduksi untuk pembelajaran Biologi di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4D (define, design, develop, disseminate). Tahap define dilakukan dengan menganalisis kebutuhan siswa, analisis konsep, tahap design meliputi pemilihan bahan ajar, pemilihan format dalam memilih perangkat pembelajaran, design awal E-modul berbasis Adobe flash, Tahap develop meliputi validasi E-modul berbasis Adobe flash oleh para ahli, Menguji kepraktisan E-modul berbasis Adobe flash dengan uji coba terbatas, Menguji keefektifitasan, tahap disseminate yaitu tahap penyebaran dimana tahap ini merupakan tahap akhir dalam penelitian pengembangan. Validasi E-modul berbasis Adobe flash dilakukan oleh para ahli (validator), yaitu ahli media, ahli pengembangan dan pengguna. Berdasarkan hasil penilaian dilakukan oleh para ahli, diperoleh hasil validasi media sebesar 83,89 % dengan kategori valid, validasi pengembangan diperoleh sebesar 79,58% dengan kategori valid. Kategori valid dapat dilihat jika E-modul berbasis Adobe flash didalamnya mencakup komponen pengembangan media. Hasil validasi materi sebesar 82,54% dengan kategori valid. Validasi pengguna terdiri dari 2 pengguna yaitu guru dari dua sekolah yang berbeda. Validasi oleh pengguna satu didapatkan hasil validasi sebesar 88,33% dengan kategori sangat valid. Validasi oleh guru kedua dengan hasil validasi sebesar 88,96% dengan kategori sangat valid. Dari semua hasil validasi yang telah diperoleh, kemudian dianalisis untuk mencari rata-rata total seluruh hasil validasi yaitu sebesar 84,96% dengan kategori valid. Uji coba terbatas bertujuan untuk mengetahui kepraktisan E-Modul berbasis Adobe flash yang diukur dengan hasil pengisian angket respon siswa. Uji coba terbatas dilakukan di dua sekolah yang berbeda yaitu di SMA Negeri 1 Pakusari dan SMA Negeri 5 Jember. Uji coba terbatas dilakukan pada 9 siswa pada kedua sekolah yang dipilih berdasarkan nilai Biologi pada semester ganjil. Dari hasil analisis kedua sekolah tersebut didapatkan rata-rata hasil analisis kepraktisan sebesar 91,11% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektifitas didapatkan dari nilai pre-test dan post-test, kemudian dianalisis lebih lanjut dengan rumus N-gain (Normalized Gain). Rata-rata nilai Ngain (Normalized Gain) dikelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Pakusari sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Sedangkan rata-rata nilai N-gain (Normalized Gain) Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Jember sebesar 0,73 dengan kategori tinggi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries140210103049;
dc.subjectE-Modulen_US
dc.subjectAdobe Flashen_US
dc.titlePengembangan E-Modul Berbasis Adobe Flash Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Untuk Pembelajaran Biologi di SMAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record