Show simple item record

dc.contributor.advisorMASYHUD, M Sulthon
dc.contributor.advisorMUTROFIN
dc.contributor.authorWIJAYANTI, Dinda
dc.date.accessioned2019-11-20T01:02:26Z
dc.date.available2019-11-20T01:02:26Z
dc.date.issued2018-07
dc.identifier.nimNIM140210204140
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94466
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah peneltian eskperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SDN Rambigundam 02 Jember tahun ajaran 2017/2018. Adapun jumlah subjek penelitian kelas VA adalah 27 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 14 siswa dan jumlah siswa perempuan sebanyak 13 siswa. Kelas VB jumlah subjek penelitian kelas VA adalah 27 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 18 siswa dan jumlah siswa perempuan sebanyak 9 siswa. Metode populasi ini dilakukan dengan cara mengambil seluruh subjek, baik siswa kelas IV A maupun siswa kelas IV B. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SDN Rambigundam 02 Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik analisis data dalam penelitian eksperimen digunakan untuk mengetahui perbedaan dari suatu perlakuan dengan perlakuan yang lain dan untuk xi mengetahui tingkat keefektifan antara kedua perlakuan tersebut. Analisis data mengenai pengaruh penerapan metode role playing terhadap hasil belajar yaitu dengan menggunakan metode uji t-test untuk sampel terpisah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Tes yang dilakukan adalah berupa tes hasil belajar pre test dan post test. Sebelum dilakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji homogenoats dengan menggunakan nilai UAS semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian setelah dilakukan tes hasil belajar pre test dan post test berdasarkan selisih nilai pre-test dan post test kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan t hitung sebesar 3,768 dan t tabel sebesar 1,664 maka t hitung > t tabel sehingga ditolak dan diterima, yaitu ada pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar tema 8 lingkungan sahabat kita pada siswa kelas V SDN Rambigundam 02 Jember. Kemudian dilakukan penghitungan t hitung dilakukan juga penghitungan keefektifan relatif atau ER metode role playing dibandingkan dengan metode pembelajaran langsung dengan menggunakan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil penghitungan keefektifan relatif diperoleh ER sebesar 50,00% yang termasuk dalam kategori sedang, sehingga dapat dinyatakan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode role playing dalam tema 8 lingkungan sahabat kita dapat mencapai tingkat keefektifan sebesar 50,00%. Terdapat 50,00% yang tidak mencapai tingkat keefektifan dalam penerapan metode role playing tema 8 lingkungan sahabat kita pada siswa kelas V di SDN Rambigundam 02 Jember tahun pelajaran 2017/2018 yang disebabkan karena faktor lain yang tidak diketahui. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode role playing hasil belajarnya lebih baik daripada pembelajaran dengan metode pembelajaran langsung dengan menggunakan pendekatan saintifk pada siswa kelas V tema 8 lingkungan sahabat kita di SDN Rambigundam 02 Jember semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries140210204140;
dc.subjectMetode Role Playingen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Penerapan Metode Role Playing Tema Lingkungan Sahabat Kita Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V di Sdn Rambigundam 02 Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record