dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah peneltian eskperimen. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VA dan VB SDN Rambigundam 02 Jember tahun ajaran
2017/2018. Adapun jumlah subjek penelitian kelas VA adalah 27 siswa dengan
jumlah siswa laki-laki sebanyak 14 siswa dan jumlah siswa perempuan sebanyak
13 siswa. Kelas VB jumlah subjek penelitian kelas VA adalah 27 siswa dengan
jumlah siswa laki-laki sebanyak 18 siswa dan jumlah siswa perempuan sebanyak
9 siswa. Metode populasi ini dilakukan dengan cara mengambil seluruh subjek,
baik siswa kelas IV A maupun siswa kelas IV B. Tempat penelitian ini
dilaksanakan di SDN Rambigundam 02 Tahun Pelajaran 2017/2018.
Teknik analisis data dalam penelitian eksperimen digunakan untuk
mengetahui perbedaan dari suatu perlakuan dengan perlakuan yang lain dan untuk
xi
mengetahui tingkat keefektifan antara kedua perlakuan tersebut. Analisis data
mengenai pengaruh penerapan metode role playing terhadap hasil belajar yaitu
dengan menggunakan metode uji t-test untuk sampel terpisah. Metode
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Tes yang
dilakukan adalah berupa tes hasil belajar pre test dan post test.
Sebelum dilakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji homogenoats
dengan menggunakan nilai UAS semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Hasil
penelitian setelah dilakukan tes hasil belajar pre test dan post test berdasarkan
selisih nilai pre-test dan post test kelas eksperimen dan kelas kontrol yang
menunjukkan t
hitung
sebesar 3,768 dan t
tabel
sebesar 1,664 maka t
hitung
> t
tabel
sehingga ditolak dan diterima, yaitu ada pengaruh metode role playing
terhadap hasil belajar tema 8 lingkungan sahabat kita pada siswa kelas V SDN
Rambigundam 02 Jember.
Kemudian dilakukan penghitungan t
hitung
dilakukan juga penghitungan
keefektifan relatif atau ER metode role playing dibandingkan dengan metode
pembelajaran langsung dengan menggunakan pendekatan saintifik. Berdasarkan
hasil penghitungan keefektifan relatif diperoleh ER sebesar 50,00% yang
termasuk dalam kategori sedang, sehingga dapat dinyatakan hasil belajar siswa
dengan menerapkan metode role playing dalam tema 8 lingkungan sahabat kita
dapat mencapai tingkat keefektifan sebesar 50,00%. Terdapat 50,00% yang tidak
mencapai tingkat keefektifan dalam penerapan metode role playing tema 8
lingkungan sahabat kita pada siswa kelas V di SDN Rambigundam 02 Jember
tahun pelajaran 2017/2018 yang disebabkan karena faktor lain yang tidak
diketahui.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan metode role playing hasil belajarnya lebih baik daripada
pembelajaran dengan metode pembelajaran langsung dengan menggunakan
pendekatan saintifk pada siswa kelas V tema 8 lingkungan sahabat kita di SDN
Rambigundam 02 Jember semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. | en_US |