• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Nilai Moral Dalam Dongeng Nusantara Sebagai Materi Ajar Sekolah Dasar Kelas 4 Tema Daerah Tempat Tinggalku

    Thumbnail
    View/Open
    Vita Chilyatul Lutfa - 150210204121_.pdf (2.867Mb)
    Date
    2019-03
    Author
    LUTFA, Vita Chilyatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Penjelasan tersebut dimaksudkan bahwa untuk mencapai tujuan pendidikan diperoleh melalui proses belajar mengajar. Beberapa moral tersebut yaitu nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Penting untuk menyampaikan nilai-nilai moral kepada siswa dalam menempuh pendidikan untuk pembentukan karakteristik siswa yang baik. Penanaman nilai moral tersebut tak lepas dari kandungan moral dalam bahan ajar siswa. Salah satu bahan ajar tersebut ada pada siswa. Guru perlu mengetahui secara cermat tentang hal tersebut. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah nilai moral dalam dongeng Nusantara pada buku siswa kelas 4 tema Daerah Tempat Tinggalku, serta apakah nilai moral dalam dongeng Nusantara sesuai dengan Permendikbud No 20 Tahun 2018. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan nilai moral dalam dongeng Nusantara pada buku siswa kelas 4 tema Daerah Tempat Tinggalku, serta untuk mengetahui kesesuaian nilai moral dalam dongeng dengan nilai moral yang ada pada Permendikbud No 20 Tahun 2018. Jenis rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tulisan yang terdapat dalam dongeng Nusantara yang terdapat dalam buku siswa kelas 4 tema Daerah Tempat Tinggalku yang mengindikasikan adanya nilai moral. Sumber data dari penelitian ini adalah dongeng pada buku siswa kelas 4 tema Daerah Tempat Tinggalku. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini secara umum terdapat dalam tiga tahap, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aspek-aspek nilai moral menyangkut hubungan manusia dengan Tuhan, alam, sesama manusia dan diri sendiri dalam dongeng Nusantara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dongeng Nusantara dalam Buku Siswa kelas IV tema Daerah Tempat Tinggalku mengandung nilai-nilai moral yang menyangkut nilai religius, alam, sosial, dan personal. Selanjutnya, dongeng tersebut tidak memuat semua nilai moral yang tertera pada Permendikbud No 20 Tahun 2018. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan adalah bagi guru, hendaknya guru mempunyai alternatif belajar lain guna memaksimalkan penanaman karakter untuk siswa. Hal tersebut perlu dilakukan mengingat bahwa terdapat beberapa nilai karakter tidak tercantum dalam buku siswa tema Daerah Tempat Tinggalku. Alternatif belajar lain yang dapat digunakan guru adalah dongeng karya Fatiharifah dan Nisa Yustisia yang berjudul Si Kancil dan Para Penghuni Rimba. Bagi pihak sekolah, sebagai penyelenggara pendidikan, sekolah perlu memperluas buku bacaan siswa sebagai pendamping buku siswa. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengembangkan penelitian yang akan dilakukan selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94385
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository