Show simple item record

dc.contributor.authorIhwan Riskya Putra
dc.date.accessioned2013-12-17T04:13:05Z
dc.date.available2013-12-17T04:13:05Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM070210204148
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9434
dc.description.abstractSesuai dengan rumusan masalah tersebut,maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut.(1) Untuk mengetahui proses penerapan kecepatan efektif membaca yang dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat dalam menemukan gagasan utama sebuah cerita pendek pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012.(2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan kecepatan efektif membaca pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012. (3) Untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan kecepatan efektif membaca pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember tahun ajaran 2011 – 2012 Untuk menjawab rumusan masalah tersebut diperlukan metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kepatihan 3 Jember yang berjumlah 43 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis data penelitian ini berpedoman pada langkah-langkah analisis data penelitian kualitatif Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan Aktivitas belajar siswa membaca cepat dan menemukan gagasan utama sebuah cerpen dengan menerapkan kecepatan efektif membaca pada siswa kelas 4 SDN Kepatihan 3 Jember tahun pelajaran 2011/2012 menunjukkan adanya peningkatan Pada siklus I, Persentase aktivitas siswa sebesar 71% dalam kategori baik sedangkan aktivitas siswa berdasarkan pada siklus II, Persentase aktivitas siswa sebesar 90% dalam kategori sangat baik Hasil belajar Pada siklus I, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 23 siswa atau 60% siswa yang tuntas secara klasikal pada siklus I .nilai rata-rata secara klasikal 73.Pada siklus II, hasil belajar siswa yang tergolong tuntas berjumlah 33 siswa atau sebesar 77 % yang tuntas secara klasikal pada siklus II dengan nilai ratarata secara klasikal sebesar 83en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204148;
dc.subjectKemampuan Membaca Cepat, Kecepatan Efektif Membacaen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA DALAM MENEMUKAN GAGASAN UTAMA CERITA PENDEK SISWA KELAS 4 SDN KEPATIHAN 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record