• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Mathematic
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Mathematic
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Penerapan Perangkat Pembelajaran Dalam Memecahkan Masalah Kombinasi Pola Pewarnaan Paving Berdasarkan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa

    Thumbnail
    View/Open
    Selvi Waliyati - 170220101008_.pdf (6.122Mb)
    Date
    2019-02
    Author
    WALIYATI, Selvi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pola pewarnaan paving pada bidang pola bilangan seperti segitiga, persegi dan persegi panjang. Pola pewarnaan berdasarkan pola bilangan yang bisa diekspan hingga ke – n, dan dapat dicari rumusnya sehingga berapapun ke – n bisa dihitung. Suatu bidang didefinisikan sebagai pola yang terekspan antara bebarapa warna yang dikehendaki, namun membentuk pola pewarnaan pada bidang berikut, jika terekspan maka pola warna tersebut secara otomatis terekspan juga merupakan suku ke – n atau urutan ke- dari pola bilangan. Berdasarkan hasil validasi, perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori valid ditunjukkan dengan koefisien validitas Modul Pembelajaran sebesar 3,27 dengan jumlah persentase 82%, Lembar Kerja Mahasiswa sebesar 3,2 persentase 80% dan Tes Aktivitas Riset sebesar 3,3 dengan persentase 83% dengan demikian perangkat pembelajaran dikatakan valid. Sedangkan hasil uji coba lapangan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori praktis berdasarkan penilaian pengamatan aktivitas dosen, pada pertemuan pertama 90% dengan kategori baik, pada pertemuan kedua sebesar 85% dengan kategori baik, dan pada pertemuan ketiga sebesar 90% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran dapat dikatakan praktis karena persentase aktivitas dosen mencapai ≥ 80%. Hasil penilaian TAR dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dilihat dari hasil post-test, tahapan project based learning dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif pada hasil tes. Berdasarkan temuan-temuan yang diperoleh yaitu adanya peningkatan pada tahap pre-test. Ketentuan tersebut dapat kita lihat pada tes independen sampel t-test yaitu hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ini mengidentifikasikan bahwa kedua kelas menunjukkan peberdaan bahwa kemampuan berpikir kreatif yang disebabkan oleh model pembelajaran berbasis proyek mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis project based learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada masalah kombinasi pemasangan pola pewarnaan paving.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94344
    Collections
    • MT-Mathematic [100]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository