Efektivitas Penerapan Perangkat Pembelajaran Dalam Memecahkan Masalah Kombinasi Pola Pewarnaan Paving Berdasarkan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa
Abstract
Pola pewarnaan paving pada bidang pola bilangan seperti segitiga, persegi
dan persegi panjang. Pola pewarnaan berdasarkan pola bilangan yang bisa
diekspan hingga ke – n, dan dapat dicari rumusnya sehingga berapapun ke – n
bisa dihitung. Suatu bidang didefinisikan sebagai pola yang terekspan antara
bebarapa warna yang dikehendaki, namun membentuk pola pewarnaan pada
bidang berikut, jika terekspan maka pola warna tersebut secara otomatis terekspan
juga merupakan suku ke – n atau urutan ke- dari pola bilangan.
Berdasarkan hasil validasi, perangkat pembelajaran yang dikembangkan
memenuhi kategori valid ditunjukkan dengan koefisien validitas Modul
Pembelajaran sebesar 3,27 dengan jumlah persentase 82%, Lembar Kerja
Mahasiswa sebesar 3,2 persentase 80% dan Tes Aktivitas Riset sebesar 3,3
dengan persentase 83% dengan demikian perangkat pembelajaran dikatakan valid.
Sedangkan hasil uji coba lapangan perangkat pembelajaran yang telah
dikembangkan memenuhi kriteria praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran
yang dikembangkan memenuhi kategori praktis berdasarkan penilaian
pengamatan aktivitas dosen, pada pertemuan pertama 90% dengan kategori baik,
pada pertemuan kedua sebesar 85% dengan kategori baik, dan pada pertemuan
ketiga sebesar 90% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan perangkat
pembelajaran dapat dikatakan praktis karena persentase aktivitas dosen mencapai
≥ 80%.
Hasil penilaian TAR dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
dilihat dari hasil post-test, tahapan project based learning dapat mempengaruhi
kemampuan berpikir kreatif pada hasil tes. Berdasarkan temuan-temuan yang
diperoleh yaitu adanya peningkatan pada tahap pre-test. Ketentuan tersebut dapat
kita lihat pada tes independen sampel t-test yaitu hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,000
ini mengidentifikasikan bahwa kedua kelas menunjukkan peberdaan bahwa
kemampuan berpikir kreatif yang disebabkan oleh model pembelajaran berbasis
proyek mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa perangkat
pembelajaran berbasis project based learning dapat meningkatkan keterampilan
berpikir kreatif mahasiswa pada masalah kombinasi pemasangan pola pewarnaan
paving.
Collections
- MT-Mathematic [100]