• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema 6 Subtema 2 Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah 2 Pontang Ambulu

    Thumbnail
    View/Open
    Rike Septiana Damayanti - 150210204104_.pdf (5.070Mb)
    Date
    2019-04
    Author
    DAMAYANTI, Rike Septiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah 2 Pontang Ambulu pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 75,91% meningkat pada siklus II menjadi 79,10%. Peningkatan yang terjadi pada aktivitas belajar siswa yaitu sebesar 3,19%. Selain aktivitas belajar, persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 76,09% meningkat pada siklus II menjadi 80,38%. Peningkatan antara siklus I dan siklus II pada hasil belajar siswa meningkat sebesar 4,29%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema 6 subtema 2 pada siswa kelas V MI Muhammadiyah 2 Pontang Ambulu. Adapun saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini yaitu: a) bagi guru yang mengalami permasalahan baik aktivias maupun hasil belajar dapat menerapkan pendekatan CTL sebagai alternatif pembelajaran agar siswa dapat belajar dan memaknai materi yang dihubungkan dengan kehidupan nyata. b) bagi kepala sekolah agar lebih memfasilitasi sekolah dengan media pembelajaran yang mendukung karakteristik materi dalam pembelajaran CTL. c) bagi penelitian lain diharapkan dapat melakukan penelitian tidak hanya aktivitas belajar siswa saja melainkan dapat dikembangkan dengan penelitian terhadap aktivitas keterampilan proses sains dasar pada penerapan CTL.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94322
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository