Show simple item record

dc.contributor.authorHOLILI
dc.date.accessioned2013-12-17T04:07:50Z
dc.date.available2013-12-17T04:07:50Z
dc.date.issued2013-12-17
dc.identifier.nimNIM090210204157
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9428
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di SDN 1 Pejarakan Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 28 anak, terdiri dari 16 laki-laki dan 12 perempuan. Desain dari penelitian ini adalah model Hopkins berbentuk spiral, dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan dilakukan kolaboratif antara peneliti dengan guru. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Model kalimat konsep dan komik pendidikan mampu membantu siswa menentukan pilihan kata, keruntutan gagasan, kesesuaian dengan tema, dan pengembangan cerita. Meskipun ada beberapa siswa yang masih memerlukan bimbingan lebih, akan tetapi pembelajaran menulis cerita dengan model kalimat konsep dan media komik berjalan dengan baik. Hal ini terlihat pada tahap prasiklus nilai rerata siswa 54,64 dan siswa yang mendapat nilai ≥ 60 (tuntas) sebanyak 9 orang (32,1 %). Pada siklus I setelah diterapkan model kalimat konsep dan media komik pendidikan dalam menulis cerita terjadi peningkatan hasil belajar, nilai rerata siswa 63,03 dan siswa yang mendapatkan nilai ≥ 60 (tuntas) sebanyak 17 orang (60,7%). Pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya, yaitu nilai rerata siswa 69,24 dan siswa yang mendapat nilai ≥ 60 (tuntas) sebanyak 24 siswa (85,73%). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan model kalimat konsep dan bantuan media komik pendidikan dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dan siswa merasa senang setelah pembelajaran menggunakan model kalimat konsep dan media komik pendidikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204157;
dc.subjectMenulis Cerita (narasi), Model Kalimat Konsep, Media Komiken_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL KALIMAT KONSEP DAN BANTUAN MEDIA KOMIK PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PEJARAKAN KABUPATEN LUMAJANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record