Show simple item record

dc.contributor.advisorHENDRAWIJAYA, H.A.T
dc.contributor.authorADELYAN, Vita Noka
dc.date.accessioned2019-11-13T02:45:52Z
dc.date.available2019-11-13T02:45:52Z
dc.date.issued2019-07-19
dc.identifier.nimNIM150210201008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94241
dc.description.abstractPusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan salah satu satuan yang ada di pendidikan non formal, dimana PKBM tersebut dapat digunakan sebagai wadah untuk menambah pengetahuan, wawasan bagi masyarakat yang kurang dalam memperoleh pendidikan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ini. Terdapat beberapa program salah satunya yaitu Pendidikan Kesetaraan Paket A,B,C. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Gita Nusa yang ada di Kecamatan Pakusari ini mempunyai beberapa program diantaranya program pendidikan kesetaraan Paket A,B kemudian taman bacaan masyarakat dan keaksaraan fungsional akan tetapi yang masih aktif saat ini adalah program pendidikan kesetaraan Paket A dan B. Terwujudnya pendidikan kesetaraan sesuai dengan visi misi tentunya harus diimbangi dengan partisipasi atau keikutsertaan warga belajar dalam memperoleh pengetahuan serta wawasan. Akan tetapi permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah warga belajar yang jarang mengikuti proses pembelajaran dikarenakan pekerjaan yang sulit ditinggal. Tujuan penelitian untuk mengetahui partisipasi warga belajar dalam keberhasilan belajar program pendidikan kesetaraan Paket B di PKBM Gita Nusa. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Area, adapun lokasi penelitian dilakukan di PKBM Gita Nusa yang berlamatkan di Desa Kertosari, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember. Informan penelitian ditentukan menggunakan teknik Snowball Sampling, dimana warga belajar program pendidikan kesetaraan Paket B ini sebagai informan kunci, sedangkan informan pendukung dari penelitian ini yakni tutor dan pengelola program pendidikan kesetaraan Paket B. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik uji kebasahan data yang digunakan yaitu perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan dan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data yang hasilkan yaitu berupa narasi dan dianalisis menggunakan analisis data menggunakan model Miles dan huberman, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi yang dilakukan warga belajar ini berbeda-beda antara warga belajar satu dan yang lainnya. Partisipasi kontributif yang dimunculkan berbeda, dalam mengikuti pembelajaran ada warga belajar yang masuk seminggu dua kali, seminggu satu kali atau sebulan dua kali untuk mengikuti pembelajaran. Warga belajar jarang masuk ini dikarenakan pekerjaan atau tanggungan untuk menafkahi keluarga. Meskipun warga belajar jarang masuk akan tetapi mempunyai inisiatif untuk mengejar materi yang telah tertinggal dengan bertanya kepada tutor. Selain bertanya kepada tutor di akhir semester atau menjelang ujian tutor selalu memberikan pengayaan, jadi pengayaan dilakukan untuk mengingat kembali materi atau soal-soal latihan yang telah diberikan. Sehingga warga belajar dapat memahami dan mengerjakan soal, selain itu juga warga belajar dapat mempraktekkan cara membuat mie warna-warni dari pewarna alami. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya partisipasi warga belajar dalam proses pembelajaran akan tetapi setiap warga belajar satu dengan yang lainnya memiliki partisipasi belajar yang berbeda-beda. Partisipasi kontributif dalam kehadiran dan intensitas bertanya dalam pembelajaran berbeda-beda, akan tetapi mempunyai partisipasi inisiatif untuk meminta soal tambahan untuk di pelajari. Partisipasi warga belajar yang berbeda-beda tersebut karena mayoritas sudah berkeluarga dan memiliki tanggungan untuk bekerja maka ada beberapa yang jarang masuk. Dengan adanya partisipasi tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap hasil belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries150210201008;
dc.subjectPartisipasien_US
dc.subjectBelajaren_US
dc.subjectProgram Pendidikan Kesetaraanen_US
dc.subjectPaket Ben_US
dc.subjectPkbmen_US
dc.titlePartisipasi Warga Belajar Dalam Keberhasilan Belajar Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di Pkbm Gita Nusa Kecamatan Pakusari Kabupaten Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record