Show simple item record

dc.contributor.advisorUMAMAH, Nurul
dc.contributor.advisorSUMARDI
dc.contributor.authorHERIYANTO, Nur Oktafiyani
dc.date.accessioned2019-11-13T02:43:06Z
dc.date.available2019-11-13T02:43:06Z
dc.date.issued2019-03
dc.identifier.nimNIM150210302008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94240
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau yang disebut “Research and Development” yang menggunakan model pengembangan R2D2 (Reflective, Recursive, Design and Development) sebagai alur tahapan penelitian. Pengumpulan data penelitian menggunakan beberapa teknik, diantaranya: (1) observasi; (2) wawancara; (3) angket; dan (4) tes. Subjek penelitian ini melibatkan pendidik mata pelajaran sejarah dan 36 peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Lumajang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Produk ini divalidasi oleh ahli, diuji oleh pengguna, dan dianalisis menggunakan rumus peningkatan dan uji t dengan bantuan program SPSS guna mengetahui kelayakan produk dan peningkatan kesadaran sejarah pada peserta didik. Hasil validasi ahli materi, bahasa, dan desain pembelajaran secara berturutturut menunjukkan: (1) nilai 84,21% berkategori “baik”; (2) nilai 96% berkategori “sangat baik”; dan (3) nilai 78,33% berkategori “baik”. Hasil uji pengguna mendapatkan nilai 98% yang berkategori “sangat baik”. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan kategori sangat tinggi pada indikator pertama, kedua, dan ketiga dengan persentase: (1) 87,5%; (2) 100%; dan (3) 87,5%, serta terdapat kategori cukup tinggi pada indikator keempat dengan persentase 63,5%. Sementara pada uji coba lapangan atau kelompok besar, peserta didik juga mengalami peningkatan kesadaran sejarah. Hasil uji coba kelompok besar menunjukkan kategori sangat tinggi pada indikator pertama, ketiga, dan keempat dengan persentase: (1) 100%; (2) 95%; dan (3) 100%, serta terdapat kategori cukup tinggi pada indikator kedua dengan persentase 69%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil suatu kesimpulan: (1) modul elektronik Sejarah Kebudayaan Lumajang telah tervalidasi ahli dan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar mata pelajaran sejarah untuk kelas X SMA; dan (2) modul elektronik Sejarah Kebudayaan Lumajang berhasil dalam meningkatkan kesadaran sejarah peserta didik pada materi sejarah lokal sebagai bagian dari kompetensi mata pelajaran sejarah Indonesia.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries150210302008;
dc.subjectSejarahen_US
dc.titlePengembangan E-Modul Sejarah Kebudayaan Lumajang Untuk Pembelajaran Sejarah di SMA Kelas X Dengan Model R2D2en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record