Show simple item record

dc.contributor.advisorHOBRI
dc.contributor.advisorPRATAMA, Randi
dc.contributor.authorMIFTAHUDDIN, Untung Ali
dc.date.accessioned2019-11-13T02:34:47Z
dc.date.available2019-11-13T02:34:47Z
dc.date.issued2019-08-08
dc.identifier.nimNIM150210101016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94236
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi membawa dampak yanng besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah pendidikan. Media pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju seiring dengan perkembangan zaman. Media pembelajaran yang menarik diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa serta dapat mempermudah guru dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa. Salah satu media pembelajaran yaitu berupa game yang berguna dalam mendukung kegiatan belajar mengajar, tetapi belum banyak game yang berfungsi sebagai pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu diperlukan berbagai inovasi kreatif dalam menciptakan game edukasi sebagai media pembelajaran di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika materi pola bilangan dengan berbantuan software construct 2 berbasis game android. Proses pengembangan pada penelitian ini menggunakan model Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Uji coba dilakukan kepada siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Jember. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan. Uji coba dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 17 Juli 2019 di kelas VIII E SMP Negeri 4 Jember yang terdiri dari 30 Siswa. Pada hari Rabu tanggal 17 Juli 2019, aktivitas yang dikerjakan di kelas adalah proses pembelajaran denggan menggunakan media pembelajaran berbasis game android pada materi dasar pola bilangan. Setelah proses pembelajaran berakhir, siswa diberikan angket respon pengguna. Dikemudian dilanjutkan dengan tes hasil belajar diawasi dengan Guru secara langsung. Terdapat 5 soal isian yang dikerjakan oleh siswa dalam waktu 25 menit. Hasil dari pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini yaitu sebuah media pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Valid ditunjukkan dari tahap validasi oleh para validator yang terdiri dari dua Dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember dan seorang guru matematika SMP Negeri 4 Jember. Hasil validasi media pembelajaran game edukasi yang terdiri dari 3 aspek yaitu Isi (materi dan soal), bahasa, dan format termasuk kategori valid dengan rata-rata 4,38 atau nilai koefisien korelasi 0,876 termasuk kategori sangat tinggi. Analisis selanjutnya adalah analisis kepraktisan dengan menggunakan angket respon pengguna. Dari hasil angket respon pengguna diperoleh presentase sebesar 86%. Pada tahap terakhir adalah pelaksanaan tes hasil belajar siswa sebagai alat untuk menganalisis keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan dan didapatkan presentase 90%. Dari hasil beberapa analisis diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis game android berbantuan software construct 2 memiliki kategori intepretasi validasi “sangat tinggi”, nilai kepraktisan “t inggi” dan nilai keefektifan “sangat tinggi” serta layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries150210101016;
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.subjectGame Androiden_US
dc.subjectSoftware Construct 2en_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Android Berbantuan Software Construct 2 Pada Pola Bilanganen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record