dc.description.abstract | Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang
dilakukan perusahaan dalam memberdayakan petani kopi adalah dengan
melakukan 7 tahapan pemberdayaan yakni: pertama tahap persiapan tahap
persiapan waktu yang telah ditentukan adalah dilakukan dua kali petemuan dalam
seminggu dan yang menjadi petugas pelaksana adalah pengurus komunitas
KOPIJO. Selain itu penyiapan lapangan, perkumpulan ini dilakukan di rumah
ketua pengurus KOPIJO bapak Selamet sesuai dengan kesepakatan bersama,
Kedua tahap Assesment. Assesment ini dilakukan dengan diskusi para pengurus
dan anggota mengenai masalah-masalah yang terjadi dan memberikan gambaran
yang nyata mengenai kegiatan yang dilakukan serta keuntungan yang didapat dari
kegiatan yang dilakukan, lalu minat masyarakat dalam hal ini dari antusiasme
yang ada dari respon masyarakat juga diperhatikan untuk melihat seberapa besar
partisipasi petani kopi dalam kegiatan yang dilakukan.
Ketiga tahap formualsi aksi, kegiatan penyelesaian yang dilakukan yakni
dengan meningkatkan kualitas produk dan memutus mata rantai pemasaran.
Kedua kegiatan penyelesaian ini sudah merupakan rencana formulasi aksi yang
dilakukan perusahaan. Yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas produk ini
adalah dengan upaya-upaya budidaya kopi dari sebelum, sedang dan pasca panen
dilakukan dengan benar sesuai arahan petugas pelaksana. Sedangkan untuk
pemutusan mata rantai ini gunanya memperpendek arus yang dilakukan petani
kopi. | en_US |