Show simple item record

dc.contributor.advisorSUNARDI
dc.contributor.advisorMONALISA, Lioni Anka
dc.contributor.authorHARTINDYA, Rizkhy Permata
dc.date.accessioned2019-11-13T01:19:19Z
dc.date.available2019-11-13T01:19:19Z
dc.date.issued2019-09-06
dc.identifier.nimNIM150210101085
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94222
dc.description.abstractMatematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya yang terbagi ke dalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis, dan geometri (James dan James,1976). Banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena matematika yang diajarkan di sekolah terkadang ditemukan berbeda dengan permasalahan matematika yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu diperlukan suatu konsep yang dapat menghubungkan antara matematika di luar sekolah dengan matematika di dalam sekolah. Salah satunya dengan memanfaatkan pendekatan etnomatematika. Dengan menggunakan bahan pembelajaran yang didalamnya menggunakan etnomatematika, selain dapat mempelajari matematika secara kontekstual siswa juga dapat memahami budaya dan dapat menumbuhkan nilai karakter. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Daerah penelitian dilakukan pada Rumah Batik Rolla Jember dan Rumah Batik Tulis “ Labako” Sumberjambe Jember, keduanya merupakan tempat rumah produksi batik Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan oleh peneliti dan 2 observer. Wawancara dilakukan terhadap 2 narasumber yaitu pemilik sekaligus pembuat motif batik Jember pada dua tempat penelitian tersebut. Dokumentasi diperoleh pada saat melakukan observasi pada tempat penelitian. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan etnomatematika yang ada pada motif batik Jember terutama motif batik daun tembakau untuk pembelajaran geometri transforfasi dan memanfaatkan hasil penelitiannya menjadi Lembar Kerja Siswa berbasis etnomatematika. Etnomatematika yang terdapat pada motif batik Jember yaitu transformasi geometri yang meliputi translasi, rotasi, refleksi dan dilatasi. Sampai saat ini masih belum banyak sekolah yang mengintegrasikan pembelajaran matematika berbasis budaya lokal. Hal ini dibuktikan dari pengamatan yang menunjukkan belum adanya perangkat pembelajaran yang dapat merangsang peningkatan koneksi matematika, karakter cinta budaya lokal siswa dan keterampilan proses (Andriyani; Arwanto, 2017). Penelitian ini menghasilkan produk bahan pembelajaran berupa lembar kerja siswa. Lembar kerja siswa ini ditujukan untuk siswa SMA/MA/SMK kelas XI. Penyajian dalam lembar kerja siswa dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berisi materi dan cerita singkat mengenai motif batik daun tembakau Jember. Bagian kedua berisi latihan soal terkait konsep transformasi geometri. Soal dibuat berdasarkan penerapan dari etnomatematika yang ada pada motif batik daun tembakau Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries150210101085;
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.subjectMotif Batiken_US
dc.subjectBahan Pembelajaranen_US
dc.subjectGeometrien_US
dc.titleEtnomatematika Pada Motif Batik Jember Sebagai Bahan Pembelajaran Geometri Siswaen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record