dc.description.abstract | Pembelajaran Tema Lingkungan Sahabat kita Subtema perubahan
lingkungan menekankan pada pengalaman langsung dan kegiatan praktis untuk
mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam
sekitar secara ilmiah. tema ini berhubungan dengan cara mencari tahu tentang
alam semesta secara sistematis, bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan
yang berupa fakta, konsep, atau prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses
penemuan. Metode pembelajaran juga harus dipilih sesuai dengan minat belajar
siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya. Pada
kenyataannya, motivasi belajar siswa kelas V SDN Sumbersari 01 Jember masih
belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena belum adanya penggunaan
metode yang dapat membangkitkan minat siswa selama pembelajaran. Salah satu
metode pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan di atas adalah
dengan menggunakan metode Guided Discovery. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui memalui metode
Guided Discovery tema Lingkungan Sahabat Kita subtema Perubahan Lingkungan
SDN Sumbersari 01 Jembe Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember dari tanggal 2
januari samapai dengan 29 april 2019, dengan subjek penelitian seluruh siswa
kelas V yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 19 siswa
perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan rancangan penelitian menurut Hopkins terdiri dari 4 fase meliputi
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode Guided Discovery yaitu metode yang
menekankan pada kegiatan siswa dalam menemukan suatu konsep pembelajaran.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes,
angket, dan dokumentasi.
Pembelajaran tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema perubahan
Lingkungan melalui Penerapan metode Guided Discovery untuk Meningkatkan
Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Sumbersari 01 Jember, terlaksana
sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisis data dapat
diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa selama pembelajaran melalui
penerapan metode Guided Discovery mengalami peningkatan. Skor motivasi
belajar siswa pada siklus I 62,8 dan meningkat menjadi 86,4 pada siklus II.
Artinya motivasi siswa dari pra siklus I mengalami peningkatan sebesar 23,6.
Rata-rata skor hasil belajar siswa secara klasikal sebelum pelaksanaan siklus
sebesar 60,4 meningkat menjadi 64,3 pada siklus I. Rata-rata skor hasil belajar
tersebut semakin meningkat lagi menjadi 76,3 pada siklus II, pada siklus II ini
skor hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 12, dikarenakan pada siklus II
pembelajaran tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Perubahan Lingkungan
menggunakan berbantuan media berupa video tentang siklus air, sehingga siswa
lebih paham dan mengerti tentang materi sehingga hasil belajar pada siklus II
pembelajaran tema Lingkungan Sahabat Kita subtema Perubahan Lingkungan
mengalami peningkatan.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode Guided Discovery
dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa padatema lingkungan
sahabat kita subtema perubahan lingkungan. Saran dalam penelitian ini yaitu
hendaknya pembelajaran dengan menggunakan metode Guided Discovery dapat
dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil
belajar. Pemberian motivasi tersebut bisa dilakukan dengan cara memberikan
dukungan moril, pemberian reward, maupun penggunaan yel-yel yang dapat
memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. | en_US |