Show simple item record

dc.contributor.advisorSUBEHAN, Wachju
dc.contributor.advisorIQBAL, Mochammad
dc.contributor.authorALVIONITA, DeviSUBEHAN
dc.date.accessioned2019-11-12T02:01:09Z
dc.date.available2019-11-12T02:01:09Z
dc.date.issued2019-07-30
dc.identifier.nimNIM140210103060
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94166
dc.description.abstractPerkembangan teknologi di era global saat ini semakin pesat. Hampir seluruh aspek dalam kehidupan berkaitan dengan teknologi termasuk dalam bidang pendidikan. Pendidikan merupakan modal utama untuk membentuk generasi muda yang berkompeten membangun bangsa yang lebih baik. Salah satu solusi terbaik beradaptasi menghadapi perkembangan teknologi yang pesat ini adalah melakukan pengembangan dibidang pendidikan dengan memanfaatkan teknologi agar mampu bersaing secara global. Mempelajari biologi tidak cukup mempelajari teori-teorinya saja namun dituntut untuk dapat memahami dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran, sering terjadi beberapa kenadala seperti keterbatasan ruang, waktu, dan kenadala lainnya sehingga dapat menghambat proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan media pembelajaran interatif dan inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan dalam proses pembelajaran. Game edukasi merupakan salah satu media pembelajaran interatif. Game edukasi merupakan salah satu solusi terbaik untuk belajar sambil bermain dikarenakan diusia remaja yang cenderung mudah bosan, sehingga diperlukan pembelajaran yang dapat memicu semangat siswa dan tidak membosankan. Taman Nasional Baluran memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Keanekaragaman ekosistem mulai dari hamparan savana yang luas, hutan evergreen, hutan musim, hutan mangrove, hutan pantai, terumbu karang, padang lamun, serta flora dan fauna yang terdapat pada Taman Nasional Baluran, menjadi salah satu alasan Taman Nasional Baluran sebagai salah satu tempat favorit yang sering dikunjungi baik untuk keperluan wisata, penelitian, pendidikan, dan keperluan lainnya. Penelitian ini mengembangkan bahan ajar berupa media pembelajaran game edukasi berbasis Taman Nasional Baluran untuk kelas X SMA bertujuan untuk melakukan pengembangan dibidang pendidikan dimana didalamnya terdapat peran teknologi serta memberikan wawasan kepada siswa mengenai karakteristik setiap ekosistem yang ada di Taman Nasional Baluran agar siswa lebih semangat belajar dan lebih mencintai alam dan keragamannya. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan yang mengacu model 4D (four D model) oleh S. Thiagarajan (1974) yang dimodifikasi oleh peneliti. Tahap-tahap dalam pengembangan ini antara lain define, design, develop dan disseminate namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop dikarenakan peneliti ingin mengetahui hasil pengembangan serta validitas produk yang telah dikembangkan tersebut dan belum sampai disebarluaskan. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah kualiatif dan kuantitatif. Data kualitatif berasal dari studi literature, wawancara, dan analisis saran serta komentar hasil validasi. Data kuantitatif berasal dari analisis hasil validasi media yang telah diperoleh peneliti. Proses validasi dilakukan kepada empat ahli antara lain ahli lapang sebagai ahli ekosistem Taman Nasional baluran, kemudian ahli materi ekosistem, ahli media, dan pengguna yaitu guru. Setelah melakukan tahap validasi dan dilakukan revisi, produk akan diuji cobakan terbatas yaitu pada sembilan siswa di SMA negeri 4 Jember. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh masing-masing validator berikut merupakan hasil perolehannya. Hasil validasi ahli lapang memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli materi ekosistem memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli media memperoleh persentase 86,25% dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi pengguna memperoleh persentase 88,75% dengan kategori sangat valid. Perolehan hasil persentase uji coba terbatas sembilan siswa berdasarkan angket respon siswa memiliki rerata 92.25% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan data yang telah diperoleh peneliti tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Game Edukasi Ekosistem Taman Nasional Baluran termasuk dalam kategori sangat valid dan dapat dimanfaatkan serta digunakan sebagai bahan penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries140210103060;
dc.subjectGameen_US
dc.subjectEdukasien_US
dc.subjectEkosistemen_US
dc.subjectTaman Nasionalen_US
dc.titlePengembangan Game Edukasi Pada Pokok Bahasan Ekosistem Berbasis Taman Nasional Baluran Untuk Kelas X Smaen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record