dc.description.abstract | Skripsi ini membahas tentang alasan Kementrian Pariwisata Indonesia
memilih melakukan co-branding Wonderful Indonesia dengan Garuda Food di
India. Kekayaan alam dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia memiliki nilai
jual yang berpotensi dalam sektor pariwisata. Pada tahun 2017, Kementerian
Pariwisata Indonesia memilih untuk membuka kesempatan kerja sama dengan
pihak swasta dengan strategi co-branding Wonderful Indonesia. Strategi ini
dilakukan untuk mempercepat target 20 juta kunjungan wisatawan di tahun 2019.
Kementerian Pariwisata membutuhkan sinergi antara pihak pemerintah dan swasta
untuk memperkuat brand equity dari Wonderful Indonesia. Dari 130 brands
perusahaan yang melakukan penandatangan MoU dengan Kementrian Pariwisata
penulis hanya berfokus pada studi kasus co-branding Wonderful Indonesia dengan
Garuda Food di India. Terpilihnya India sebagai fokus penelitian karena potensi
wisatawan India sangat besar, sebanyak 23% dari total penduduk India melakukan
kunjungan keluar negeri, namun hanya sekitar 1,5% wisatawan dari Indonesia
yang berkunjung ke Indonesia. Hal ini menjadi concern Kementerian Pariwisata
untuk bisa meningkatkan kunjungan wisatawan India ke Indonesia. Oleh karena
itu diperlukan upaya untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia melalui cobranding
Wonderful Indonesia dengan Garuda Food kepada masyarakat India,
agar masyarakat India lebih familiar dengan pariwisata Indonesia.
Data dalam penelitian ini diperoleh dari data sekunder yakni dari internet,
media massa, buku, paper, artikel ilmiah, majalah, dan dokumen-dokumen tertulis
lainnya. Data-data yang yang diperoleh digunakan untuk menganalisis rumusan
masalah dalam peneitian ini. Dalam memaparkan objek tulisan, penulis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Konsep yang digunakan untuk
mengolah data-data penelitian ini menggunakan konsep co-branding.
Berdasarkan hasil penelitian, alasan Kementerian Pariwisata Indonesia
melakukan co-branding Wonderful Indonesia dengan Garuda Food di India
adalah untuk mempercepat peningkatan target kunjungan wisatawan pada tahun
2019. Dengan strategi co-branding Wonderful Indonesia dengan Garuda Food di
India maka pariwisata Indonesia dapat memperkuat brand equity-nya. Hal
tersebut dikarenakan besarnya pasar yang dimilki Garuda Food di India,
dikarenakan masyarakat sudah familiar dengan produk-produk dari Garuda Food.
Oleh karena itu strategi co-branding ini diharapkan dapat menaikkan citra serta
awareness masyarakat India terhadap pariwisata Indonesia melalui Wonderful
Indonesia. | en_US |