• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS 2 SDN KARANGREJO 06 JEMBER DALAM MENGAJUKAN PERTANYAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR AND SHARE (TPS) BERBANTUAN GAMBAR SERI

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (340.1Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Erni Sugianto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karangrejo 06 Jember pada tanggal 16 Mei 2011 sampai dengan 21 Mei 2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri Karangrejo 06 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. viii Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pembelajaran menggunakan kata tanya melalui pembelajaran kooperatif model Think Pair and Share berbantuan gambar seri yang dipandang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 2 SDN Karangrejo 06 Jember berlangsung dengan siswa memikirkan kata tanya berdasarkan gambar yang diamati sebelum melakukan kegiatan bertanya kepada temannya di kelas, guru meminta siswa untuk berpasangan selanjutnya salah satu siswa mengajukan pertanyaan dan dijawab oleh siswa lain, selanjutnya siswa menanggapi kalimat yang dikemukakan kawannya. Setelah semua melakukan kegiatan bertanya jawab siswa dibimbing oleh guru menanggapi kalimat yang telahdilakukan oleh temannya berdasarkan gambar seri yang telah diamati. Peningkatan kemampuan berbicara siswa diketahui dari pemerolehan nilai prasiklus dengan rata-rata nilai siswa 55,35 dengan hanya sekitar 2 siswa (7,1%) yang mendapat nilai ≥65. Pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 56,60 dengan hanya sekitar 8 siswa(28,57%) yang mendapat nilai ≥ 65, akan tetapi belum mencapai ketuntasan secara klasikal (70%), setelah diterapkan siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 79,46 dengan sebanyak 26 siswa (92,86%) yang mendapat nilai ≥ 65 dan dapat dinyatakan tuntas secara klasikal. Aktivitas belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kooperatif Model Think Pair and Share berbantuan gambar seri juga mengalami peningkatan. Pada siklus I skor dari hasil observasi aktivitas siswa mencapai 68%, setelah dilaksanakan siklus II keaktifan siswa meningkat maximal yakni 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menggunakan kata tanya dapat dikatakan baik setelah dilakukan pembelajaran kooperatif Model TPS berbantuan gambar seri. Saran-saran yang dapat diberikan: (1) guru, hendaknya menggunakan metode pembelajaran dan media gambar seri sebagai media pembelajaran dalam mengajarkan penggunaan kata tanya,(2) siswa, hendaknya lebih aktif dalam pelajaran Bahasa Indonesia dan meningkatkan keberanian dalam berbicara ,(3) peneliti lain, hendaknya menggunakan hasil penelitian ini sebagai masukan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9403
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail