• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Berpikir Kritis Siswa Olimpiade Matematika dalam Menyelesaikan Soal OSN Materi Teori Bilangan

    Thumbnail
    View/Open
    Ovi Adiniyah Rochmah-150210101115.pdf (1.448Mb)
    Date
    2019-07-30
    Author
    Adiniyah Rochmah, OVI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berpikir kritis yang merupakan berpikir tingkat tinggi dapat diciptakan agar seorang individu dapat memiliki kemampuan berpikir kreatif sekaligus menjadi pemecah masalah yang unggul, pembuat keputusan yang tepat dan bermanfaat, serta mampu meyakinkan pendapat-pendapatnya, menganalisis asumsi-asumsi, dan melakukan penyelidikan ilmiah. Karena begitu banyak dan besarnya manfaat- manfaat ketika siswa memiliki kemampuan berpikir kritis, maka diharapkan nantinya melalui proses berpikir kritis dapat mencetak siswa-siswi yang mampu menghadapi perkembangan IPTEK dunia dan memecahkan masalah-masalah yang timbul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa olimpiade matematika dalam menyelesaikan soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) materi teori bilangan. Soal OSN yang digunakan terdiri dari 3 soal. Subjek penelitian adalah 4 siswa olimpiade SMP di Pusat Pembinaan MIPA (PPM) Pythagoras. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dimana soal ini merupakan soal OSN yang dimodifikasi sesuai dengan standart soal OSN pada umumnya, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Uji validasi dilakukan dengan cara memberikan lembar validasi dan instrumen penelitian kepada validator yaitu dosen Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Hasil validasi instrumen pada penelitian ini untuk soal tes memperoleh nilai V a = 2,75 dan untuk pedoman wawancara memperoleh nilai V a = 2,75. Berdasarkan tingkat kevalidan instrumen, soal tes dan pedoman wawancara dinyatakan valid.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94000
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15286]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository