dc.description.abstract | Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting di jenjang
pendidikan terutama di SMA. Dalam fisika terdapat konsep yang mengungkapkan
rahasia dan hukum semesta. Namun kebanyakan siswa banyak yang beranggapan
bahwa fisika itu sulit dan rumit karena terlalu banyak rumus, sehingga siswa
kurang tertarik dan tidak bersemangat untuk belajar fisika. Dalam hal ini
pendidikan berperan penting dalam kehidupan karena merupakan salah satu
wahana untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dalam hal
pengetahuan. Pada kurikulum 2013 dalam dunia pendidikan, pembelajaran
berpusat pada siswa, sehingga siswa harus berperan aktif pada proses belajar
mengajar. Dalam hal ini kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan
sangatlah penting karena dalam standar isi permendikbud N0. 64 tahun 2013
menyebutkan bahwa siswa diharapkan dapat menunjukan sikap logis, kritis,
analitis, cermat dan teliti, bertanggung jawab, dan tidak mudah menyerah dalam
menyelesaikan masalah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan
pemecahan masalah pada siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika materi suhu
dan kalor menurut IDEAL Problem Solving dan untuk mendeskripsikan kesulitan
apa sajakah yabg di alami oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika pada
materi suhu dan kalor menurut IDEAL Problem Solving. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif. Penentuan daerah yang digunakan untuk penelitian ini
menggunakan teknik purpose sampling area. Sampel pada penelitian ini adalah
siswa kelas XI MIPA di SMA N 1 Jenggawah, di SMA N Arjasa, di SMA Balung,
dan di SMA N Pakusari dengan masing-masing sekolah di ambil satu kelas. | en_US |