dc.description.abstract | Iklan berfungsi untuk mempengaruhi konsumen agarmemahami produk
atau merek yang akan dan telah menjadi pilihannya. Iklan juga dapat dipakai
untuk membangun citra jangka panjang dan mampu menjangkau calon konsumen
walau letaknya berjauhan, karena itu jangan sampai pemasar meremehkan peran
iklan, karena iklan nmerupakan cara yang efektif untuk menyebarkan pesan atau
informasi suatu merek kepada konsumen. Periklanan sangat berperan untuk
menentukan sikap dari para konsumen untuk memutuskan produk atau merek apa
yang akan mereka pilih, begitu juga sebaliknya keputusan pembelian dari
konsumen bisa menentukan berhasil atau tidaknya suatu periklanan. Salah satu
media iklan yang mempunyai jangkauan paling luas adalah media televisi.
Maraknya stasiun televisi swasta di Indonesia seperti RCTI, INDOSIAR, SCTV,
Trans TV, Trans 7, Metro TV, Global TV, dan beberapa stasiun televisi yang lain,
kehadirannya mempunyai tujuan komersil guna menyemarakkan persaingan
bisnis.
Penelitian ini menggunakan landasan teori yang meliputi tentang Pesan
Iklan, Kualitas Tayangan, Tema Iklan, Bintang Iklan, dan Keputusan Pembelian.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Penelitian
ini dilakukan dengan mengambil objek pada Fakultas Ekonomi Unej. Data yang
digunakan diperoleh secara langsung dari konsumen dalam pembelian kartu
operator selular Telkomsel pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Unej, berupa
jawaban responden dari penyebaran kuesioner. Pengujian data menggunakan
analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pesan Iklan
berpengaruh terhadap pengambilan konsumen dalam pembelian kartu operator
selular Telkomsel pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Unej. Kualitas Tayangan
berpengaruh terhadap pengambilan konsumen dalam pembelian kartu operator
selular Telkomsel pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Unej. Tema Iklan
berpengaruh terhadap pengambilan konsumen dalam pembelian kartu operator
selular Telkomsel pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Unej. Bintang Iklan
berpengaruh terhadap pengambilan konsumen dalam pembelian kartu operator
selular Telkomsel pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Unej. | en_US |