• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Audio Visual Jenis Film Pendek Dalam Meningkatkan Empati dan Hasil Belajar Sejarah Menggunakan Model ASSURE

    Thumbnail
    View/Open
    Danang Setyo Nugroho-140210302001.pdf (7.810Mb)
    Date
    2019
    Author
    Setyo Nugroho, DANANG
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Empati sejarah mengharuskan seseorang untuk melihat perbedaan antara kehidupan di masa sekarang dan di masa lalu dengan tetap menjaga kemungkinan bahwa perspektif masa lalu memegang beberapa validitas (Barton & Levstik, 2010:43). Jika diminta hanya untuk menerapkan logika atau alasan ketika menjelajahi tokoh-tokoh sejarah, maka siswa dirugikan ketika mencoba untuk memahami orang-orang yang dipengaruhi oleh kekhawatiran seperti kebanggaan, takut, cinta, benci, putus asa, atau keserakahan (Jason dan Sarah, 2013:44). Proses pembentukan koneksi afektif ke masa lalu memungkinkan siswa untuk melihat tokoh-tokoh sejarah sebagai manusia yang menghadapi pengalaman yang sangat menusiawi dan mengarah ke pemahaman yang lebih kaya daripada perspektif mengambil saja (Jason dan Sarah, 2013:44). Terutama pada pembelajaran sejarah, cara menampilkan empati sejarah siswa membutuhkan media yang mendukungnya dan disesuaikan dengan perkembangan jaman saat ini. Kedudukan media memiliki posisi penting dalam proses pembelajaran sejarah. Media dapat menjadi alat komunikasi berfungsi sekaligus sumber belajar bagi peserta didik. Media sebagai alat komunikasi berfungsi untuk menyampaiakan pesan melalui saluran/media tertentu ke penerima (Sadiman dkk, 2011:15). Pembelajaran sejarah memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu cara yang dilakukan agar proses pembelajaran menjadi kontekstual dan menarik. Pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan memberikan beberapa keuntungan untuk meningkatkan kompetensi guru dan juga peserta didik (Puji, 2018:55).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/xmlui/handle/123456789/93559
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository