dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dalam pembelajaran sejarah melalui penerapan problem based
learning dengan media audio visual pada peserta didik Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Arjasa tahun ajaran 2018/2019; (2) untuk meningkatkan hasil belajar sejarah melalui penerapan problem based learning dengan media audio visual pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Arjasa tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri Arjasa, dengan jumlah 35 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis & Taggrat dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumenter.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar sejarah. Pada siklus 1 persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik secara klasikal 52,40%, pada siklus 2 meningkat menjadi 66,23%, pada siklus 3 meningkat menjadi 77,67% . Pada siklus 1 hasil belajar memperoleh persentase sebesar 78,34%, pada siklus 2 memperoleh persentase 80,4% pada siklus 3 memperoleh persentase 81,71%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan problem based learning dengan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berfikir krtitis peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri Arjasa tahun ajaran 2018/2019; (2) penerapan problem based learning dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri Arjasa tahun ajaran 2018/2019; Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah diketahui setelah melakukan penelitian persiklus menggunakan pembelajaran problem based learning. | en_US |