Show simple item record

dc.contributor.advisorMUCHTAR, Imam
dc.contributor.advisorFITRIYAH, Chumi Zahroul
dc.contributor.authorNINGSIH, Ratih Yulianti
dc.date.accessioned2019-10-07T05:44:05Z
dc.date.available2019-10-07T05:44:05Z
dc.date.issued2019-10-03
dc.identifier.nim140210204127
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93138
dc.description.abstractPembelajaran yang digunakan pada kurikulum 2013 lebih menekankan pada pendidikan berkarakter yang sudah dapat diintegrasikan dalam seluruh pembelajaran pada setiap bidang studi yang terdapat dalam kurikulum. Pada kegiatan pembelajaran kurikulum 2013 guru belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi, sehingga siswa kurang memperhatikan saat pembelajaran berlangsung. Salah satu alternatif yang digunakan oleh guru untuk menarik perhatian siswa dan memudahkan siswa memahami materi dengan menggunakan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair – Share dengan berbantuan media pop up. Model pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair – Share dengan berbantuan media pop up dapat menarik perhatian siswa serta menambah semangat belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair – Share (TPS) akan membantu siswa untuk berkerja sama dalam menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran ini juga menuntut siswa untuk aktif dalam berdiskusi dengan waktu yang diberikan oleh guru. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think - Pair - Share (TPS) berbantuan media pop up ini membantu dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pemilihan media pop up untuk meningkatkan hasil belajar pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Menggunakan media pop up guru dapat memberikan pemahaman materi terhadap siswa, sehingga siswa memperoleh gambaran yang konkret dari materi yang akan disampaikan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “ adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair - Share berbantuan media pop up terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku di SDN Jember Lor 02 Semester Genap Tahun Pelajaran 2018 / 2019?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair - Share berbantuan media pop up terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku di SDN Jember Lor 02. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 02 mulai tanggal 18 Februari 2019 sampai 21 Februari 2019. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 62 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada hasil uji-t ranah kognitif menunjukkan nilai thitung = 4,667. Hasil thitung dibandingkan dengan ttabel dengan df 60 pada taraf signifikan 5 %. Berdasarkan uji- t diketahui hasil thitung > ttabel (4,667 > 1,671), hasil uji t ranah afektif diatas dibandingkan pada tabel kritik t pada df 60 dan pada signifikansi 0,05, diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,447 > 1,671, dan hasil uji t ranah psikomotorik diatas dibandingkan pada tabel kritik t pada df 60 dan pada signifikansi 0,50, diperoleh thitung > ttabel yaitu 3.558 > 1,671. Berdasarkan hasil tersebut, Ha yang menyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think – pair – share berbantuan media pop up terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku di SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2018/2019 diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think – pair – share berbantuan media pop up terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku di SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran alternatif di sekolah sebagai referensi guru dan kepala sekolah untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran yang inovatif dan dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel pembelajaranen_US
dc.subjectPembelajaran kooperatifen_US
dc.subjectThink – Pair – Shareen_US
dc.subjectMedia Pop Upen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think - Pair - Share (Tps) Berbantuan Media Pop Up Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di SDN Jember Lor 02en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record