Show simple item record

dc.contributor.authorElfiah, Ulfa
dc.contributor.authorArif, Arif
dc.contributor.authorKushariyadi, Kushariyadi
dc.date.accessioned2019-10-07T03:51:32Z
dc.date.available2019-10-07T03:51:32Z
dc.date.issued2019-10-07
dc.identifier.issn2460-9447
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93132
dc.descriptionJurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), Vol.5, No.2, Agustus 2019, Hal 151-166en_US
dc.description.abstractPendampingan keluarga dan penderita sumbing bibir dan langit-langit terhadap penatalaksanaan operasi masih belum optimal khususnya di wilayah Jember. Hal ini disebabkan sebelum tahun 2014, belum ada rumah sakit yang bergerak dalam penanganan sumbing bibir dan langit-langit berkonsep sosial dan bermitra dengan pendamping pemberdayaan masyarakat. Adanya strategi social marketing volunteer, sebuah strategi yang terbukti memberikan implikasi positif pada penanganan bibir sumbing dan langit-langit, memberikan dampak komunikasi efektif secara langsung antara pendampingan dengan penderita dan keluarganya. Peningkatan proses pemahaman ini akan memudahkan tenaga medis dalam memberikan layanan bidang kesehatan sehingga penderita dapat ditangani secara cepat dan holistik yang pada akhirnya dapat menurunkan angka morbiditas bahkan angka mortalitas di wilayah agroindustri Kabupaten Jember. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu untuk mengaplikasikan strategi social marketing volunteer dalam proses pendampingan keluarga dan penderita sumbing bibir dan langit-langit dalam rangka mempercepat penatalaksanaan tindakan operasi. Dalam pengabdian masyarakat ini kami melakukan kegiatan yang terdiri dari: 1) tahap pre-hospitalisasi; 2) tahap hospitalisasi; 3) tahap pasca hospitalisasi. Hasil kegiatan pendampingan keluarga dan penderita sumbing bibir dan langit-langit terhadap penatalaksanaan operasi menggunakan strategi social marketing volunteer sangat efesien.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectstrategi social marketing volunteeren_US
dc.subjectsumbing bibir dan langitlangiten_US
dc.titlePendampingan Keluarga dan Penderita Sumbing Bibir dan Langit-langit terhadap Penatalaksanaan Operasi Menggunakan Strategi Social Marketing Volunteeren_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record