Show simple item record

dc.contributor.advisorNURIMAN
dc.contributor.advisorAGUSTININGSIH
dc.contributor.authorLESTARI, Febri Tusy Puji
dc.date.accessioned2019-10-04T06:33:19Z
dc.date.available2019-10-04T06:33:19Z
dc.date.issued2019-10-04
dc.identifier.nimNIM150210204029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93102
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu: (1) tahap potensi dan masalah; (2) tahap pengumpulan data; (3) tahap desain produk; (4) tahap validasi desain; (5) tahap revisi desain; (6) tahap uji coba produk; (7) tahap revisi produk; (8) tahap uji coba pemakaian; (9) tahap revisi produk; (10) tahap produksi masal. Subjek uji coba penelitian buku ajar berbasis pendekata STEM ini adalah siswa kelas IV SDN Patrang 01 dan subjek penyebaran buku ajar berbasis pendekatan STEM ini adalah siswa SD-IT Harapan Umat Jember dan SDN Kepatihan 03 Jember. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket validasi, tes hasil belajar, serta lembar angket respon siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan ialah metode angket, tes, dan validasi. Data yang diperoleh adalah data hasil validasi, hasil belajar, dan respon siswa. Hasil dari pengembangan Buku ajar berbasis pendekatan STEM. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan diperoleh hasil bahwa validitas Buku ajar berbasis pendekatan STEM tergolong dalam kategoi sangat valid. Hal ini diketahui dari analisis hasil validasi dari tiga validator yaitu dengan persentase kevalidan sebesar 85%. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan diperoleh hasil efektivitas Buku ajar berbasis pendekatan STEM tergolong sangat efektif dengan persentase keefektivan sebesar 87%. Hal ini diketahui dari nilai hasil belajar yang dicapai siswa. Siswa yang mendapatkan ≥ KKM sebanyak 27 siswa, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM sebanyak 4 siswa. Data yang dihasilkan 87% siswa memperoleh nilai hasil belajar ≥ KKM, sedangkan 13% memperoleh nilai hasil belajar ≤ KKM. Respon siswa terhadap penggunaan Buku ajar berbasis pendekatan STEM termasuk ke dalam kategori respon positif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries150210204029;
dc.subjectSTEM (Science Technology Engineering and Mathematics)en_US
dc.subjectEnergien_US
dc.titlePengembagan Buku Ajar Berbasis Pendekatan Stem (Science Technology Engineering and Mathematics) Pada Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber Energi Untuk Siswa Kelas IV SDen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record