dc.contributor.advisor | Ketut Mahardika, Prof. Dr. I M.Si. | |
dc.contributor.advisor | Supeno, Dr. S.Pd., M.Si. | |
dc.contributor.author | FAWAID TAMIMI ANWAR, Dimas | |
dc.date.accessioned | 2019-10-03T10:37:39Z | |
dc.date.available | 2019-10-03T10:37:39Z | |
dc.date.issued | 2019-10-03 | |
dc.date.submitted | | |
dc.identifier.nim | NIM150220104020 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93085 | |
dc.description.abstract | Modul adalah sebuah bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan
bahasa yang mudah dipahami oleh siswa sesuai tingkat pengetahuan dan usia
siswa, agar dapat belajar mandiri dengan bantuan atau bimbingan yang minimal
dari guru. Kemampuan multirepresentasi siswa dapat dilihat dari kemampuan
siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara runtut dan logis dalam berbagai
bentuk representasi. Representasi adalah bentuk alternatif dari situasi masalah
atau aspek dari situasi masalah yang digunakan untuk menemukan solusi,yang
pada dasarnya membutuhkan kemampuan penalaran ilmiah dalam pemecahan
masalah multirepresentasi untuk keberhasilan siswa di sekolah.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: (1)
mendiskripsikan kevalidan modul fisika berbasis scientific reasoning untuk
melatih kemampuan multirepresentasi siswa pada pembeajaran fisika di SLTA,
(2) mendeskripsikan kepraktisan modul fisika berbasis scientific reasoning untuk
melatih kemampuan multirepresentasi siswa pada pembeajaran fisika di SLTA,
(3) mendeskripsikan efektifitas modul fisika berbasis scientific reasoning untuk
melatih kemampuan multirepresentasi siswa pada pembeajaran fisika di SLTA.
Pengembangan modul fisika berbasis scientific reasoning ini
menggunakan desain model pengembangan 4-D Lokasi uji pengembangan modul
fisika berbasis scientific reasoning adalah di SMA Negeri Pakusari. Subjek
penelitian adalah siswa-siswi kelas X di SMA Negeri Pakusari tahun pelajaran
2017-2018.. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
pengembangan modul ini adalah tes, angket, observasi. Metode analisis data
untuk mengetahui peningkatan kemampuan multirepresentasi siswa menggunakan
N-gain yang juga digunakan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran
dengan menggunakan modul fisika berbasis scientific reasoning. Komponen
penilaian kevalidan modul fisika berbasis scientific reasoning meliputi kelayakan isi buku ajar, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan kegrafikaan
buku ajar dinilai oleh tiga orang validator yang merupakan pakar dalam
pendidikan IPA. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 150220104020; | |
dc.subject | Modul Fisika | en_US |
dc.subject | Scientific Reasoning | en_US |
dc.subject | Kemampuan Multirepresentasi | en_US |
dc.title | Pengembangan Modul Fisika Berbasis Scientific reasoning untuk Melatih Kemampuan Multirepresentasi Siswa pada Pembelajaran Fisika di SLTA | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |