Show simple item record

dc.contributor.advisorPRIHANDONO, Trapsilo
dc.contributor.advisorBEKTIARSO, Singgih
dc.contributor.authorWIDIA, Novia Nur
dc.date.accessioned2019-10-03T04:28:47Z
dc.date.available2019-10-03T04:28:47Z
dc.date.issued2019-10-02
dc.identifier.nim150210102108
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93072
dc.description.abstractKurikulum 2013 menerapkan pendekatan Saintifik (Saintific Approach)didalam pembelajarannya. Pendekatan ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman kepada siswa untuk mengetahui, memahami, dan menerapkan apa yang telah dipelajari secara ilmiah. Pada proses pembelajarannya, diharapkan siswa dapat mencari tahu informasi dari berbagai sumber melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan dan mencipta. Dalam kurikulum 2013 kreatifitas siswa sangat diperlukan untuk mencapai tujuan kurikulum itu sendiri. Kreativitas ilmiah dalam proses pembelajaran berperan untuk mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi berbagai metode dan mengeksplorasi alternative solusi. Kreativitas merupakan komponen penting karena kreativitas memberikan ruang besar kepada perkembangan kognitif anak.Dengan demikian pengajaran dengan kreativitas memungkinkan peserta didik untuk mengambil tanggung jawab terhadap keberhasilan belajarnya. Kolaboratif adalah suatu proses kerja sama baik anatara individu atau antar kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Pada pembelajarannya, kolaboratif ini memungkinkan antar anggota kelompok untuk saling mendengarkan dan memperoleh banyak pendapat atau ide dari sudut pandang yang berbedabeda.Kreativitas dan kolaborasi siswa dapat diperoleh dengan menerapkan Pembelajaran Collaborative.Oleh Karena itu perlu dikembangkan Lembar Kerja Siswa Berbasis Collaborative Creativity Pokok Bahasan Rangkaian Arus Searah Pada Siswa SMAN Pakusari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas dan tingkat efektivitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Collaborative Creativity Pokok Bahasan Rangkaian Arus Searah Pada Siswa SMAN Pakusari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan menurut Nievenn yang terdiri dari tiga tahap yaitu pleminary Research, Prototyping Phase, Assesment Phase untuk menghasilkan suatu produk berupa Lembar Kerja Siswa Berbasis Collaborative Creativity. Teknik pengambilan data berupa validasi ahli, validasi pengguna dan tes. Instrument pengumpulan data yaitu lembar validasi dan lembar soal Pretest – Posttest, sedangkan metode pengumpulan data adalah validasi, test dan dokumentasi.Data yang diperoleh berupa hasil validasi akhir dan hasil belajar peserta didik melalui Pretest – Posttest. Hasil validasi oleh dua validator ahli dan satu validator pengguna terhadap lembar kerja siswa berbasis Collaborative Creativity memperoleh nilai sebesar 4,21 dan masuk dalam kategori valid. Uji coba lapangan dilakukan di SMAN Pakusari Kelas XII IPA 2.Hasil belajar siswa setelah menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis Berbasis Collaborative Creativity mengalami peningkatan dilihat dengan menggunakan uji N-gain.Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan oleh peneliti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan memperoleh nilai 0,718 dan termasuk dalam kategori tinggi.Berdasarkan hal tersebut LKS berbasis Berbasis Collaborative Creativity dikatakan valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran fisika.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectLembar Kerja Siswaen_US
dc.subjectCollaborative Creativityen_US
dc.subjectPokok Bahasanen_US
dc.subjectRangkaian Arus Searahen_US
dc.titlePengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Collaborative Creativity Pokok Bahasan Rangkaian Arus Searah Pada Siswa SMAN Pakusarien_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record