Show simple item record

dc.contributor.advisorIRVAN, Muhtadi
dc.contributor.advisorAGUSTININGSIH
dc.contributor.authorDININGRUM, Nira
dc.date.accessioned2019-10-03T03:56:29Z
dc.date.available2019-10-03T03:56:29Z
dc.date.issued2019-10-01
dc.identifier.nim150210204093
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93061
dc.description.abstractPerkembangan kognitif siswa sekolah dasar berada pada tahap operasional konkret. Pada tahap ini, mereka telah dapat berpikir logis terhadap obyek konkret disekitarnya. Oleh karena itu, penyampaian materi akan lebih efektif jika dibantu oleh sebuah media yang dapat mengasah tingkat keaktifan dan berpikir mereka. Pada kenyataannya, pembelajaran di sekolah dasar tidak selalu mendukung karakteristik dan kebutuhan siswa. Pembelajaran di kelas lebih banyak menyampaikan materi secara verbalistik. Sumber belajar dan media yang terbatas menyebabkan siswa kurang memahami materi pembelajaran dan kurang termotivasi untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka guru perlu menciptakan sebuah pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, sesuai dengan karakteristik siswa supaya mempermudah siswa memahami materi pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah proses dan keefektifan pengembangan media komik pembelajaran tema Sehat Itu Penting pada siswa kelas V SDN Kepatihan 01 Jember. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan keefektifan media komik pembelajaran tema Sehat Itu Penting pada siswa kelas V SDN Kepatihan 01 Jember. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall (dalam Masyhud, 2016:227). Penelitian ini terdiri dari 8 tahap, yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan dan pengembangan produk, (3) pengembangan desain produk awal, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk, (6) uji coba penggunaan, (7) revisi desain produk, dan (8) uji coba keefektifan. Hasil analisis data validasi media pembelajaran oleh validator mendapatkan skor 86,4 dan merupakan kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa komik pembelajaran pada tema Sehat Itu Penting dengan judul “Petualangan di Lorong SiPerDa” sudah valid dan siap digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis t-test, komik pembelajaran pada tema Sehat Itu Penting dengan judul “Petualangan di Lorong SiPerDa” dinyatakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Perhitungan uji t pada ranah kognitif diketahui bahwa t-empirik>t-tabel (4,848>1,992). Dengan demikian, diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media komik pembelajaran tema Sehat Itu Penting dengan judul “Petualangan di Lorong SiPerDa” dengan hasil belajar siswa pada kelas yang tidak menggunakan komik pembelajaran tersebut. Dari hasil uji keefektifan relatif, diketahui bahwa hasil belajar ranah kognitif siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan komik pembelajaran tema Sehat Itu Penting dengan judul “Petualangan di Lorong SiPerDa” menunjukkan lebih efektif 49,6% jika dibandingkan dengan hasil belajar ranah kognitif siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan media komik pembelajaran tersebut. Keefektifan media komik pembelajaran juga dapat dilihat dari respon siswa. Media komik pembelajaran mendapatkan respon positif dari siswa dengan persentase nilai mencapai 96% atau dalam kategori sangat baik. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa komik pembelajaran tema Sehat Itu Penting dengan judul “Petualangan di Lorong SiPerDa” sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru serta memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia pembelajaranen_US
dc.subjectMedia komiken_US
dc.subjectTematik terpaduen_US
dc.titlePengembangan Media Komik Pembelajaran Tema Sehat Itu Penting Pada Siswa Kelas V SDN Kepatihan 01 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record