Show simple item record

dc.contributor.advisorTRAPSILASIWI, Dinawati
dc.contributor.advisorYUDIANTO, Erfan
dc.contributor.authorSANDHI, Niluh Shindi Aprilia
dc.date.accessioned2019-10-02T08:31:44Z
dc.date.available2019-10-02T08:31:44Z
dc.date.issued2019-10-01
dc.identifier.nim150210101001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93050
dc.description.abstractMatematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit untuk dipahami siswa, dan dianggap kurang memiliki peran dalam kehidupan. Hal ini mendorong para pendidik untuk mengembangkan metode pembelajaran yang menyenangkan dalam belajar matematika. Salah satu pendekatan yang yang dapat digunakan adalah metode dengan pendekatan budaya. Etnomatematika adalah salah satu pendekatan yang dapat menghubungkan antara matematika dan budaya. Salah satu media pembelajaran berbasis etnomatematika yang dapat digunakan adalah kebudayaan dalam hal tarian. Tarian yang memiliki unsur matematika dapat dijadikan sebagai objek dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika pada tarian Jejer Jaran Dawuk Banyuwangi sebagai bahan pembelajaran matematika dalam bentuk paket soal tes geometri. Tarian Jejer Jaran Dawuk Banyuwangi merupakan tarian khas Banyuwangi yang selalu dipertunjukan di berabagi acara. Tarian ini sudah banyak di kenal dikalangan nasional ataupun internasional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dengan 3 subjek yakni budayawan,guru tari dan penari Jejer Jaran Dawuk Banyuwangi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa setiap aktivitas yang dilakukan oleh penari Jejer Jaran Dawuk Banyuwangi memiliki unsur-unsur matematika. Unsur-unsur tersebut adalah menghitung, mengukur, dan mendesain. Aktivitas menghitung ada pada saat penari menentukan waktu memulai tarian dengan memperhitungkan ketukan musik dan juga ketukan gerakannya. Aktivitas mengitung juga muncul disaat penari melakukan pergantian gerakan disetiap gerakan yang ada pada tarian Jejer Jaran Dawuk Banyuwangi tersebut. aktivitas mengukur ada pada saat penari menyesuaikan jarak antar penari dengan cara merentangkan tangan atau biasa di sebut depo yakni satu kali rentangkan tangan, teknik pengukuran ini merupakan pengukuran tidak standar. Aktivitas mendesain terjadi pada saat penari melakukan gerakan tarian dan juga pola lantai yang digunakan saat melakukan tarian tersebut. Bahan pembelajaran yang di dapat dalam penelitian ini berupa paket tes soal geometri pada materi bangun datar untuk SMP. Bentuk soal yang dibuat adalah menentukan keliling dan luas pola lantai dari pergerakan tarian yang dibentuk oleh penari Jejer Jaran Dawuk Banyuwangi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.subjectPola Tarianen_US
dc.subjectJejer Jaran Dawuken_US
dc.subjectInspirasi Pengembanganen_US
dc.titleEtnomatematika Pola Tarian Jejer Jaran Dawuk Sebagai Inspirasi Pengembangan Paket Tes Geometrien_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record