dc.description.abstract | Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siswa Laki-Laki dalam jenis
kesalahan konsep cenderung mengalami kesalahan pada indikator salah dalam
memahami konsep fungsi eksponen, salah dalam memahami unsur-unsur fungsi
eksponen, salah tidak lengkap atau salah dalam menuliskan yang diketahui atau
tidak menuliskan yang diketahui dan salah dalam menuliskan apa yang ditanyakan
atau tidak menuliskan yang ditanyakan. Sedangkan pada jenis kesalahan prinsip,
cenderung mengalami kesalahan dalam indikator tidak menuliskan kesimpulan
jawaban di akhir soal. Sementara pada jenis kesalahan operasi, siswa mengalami
kesalahan yaitu tidak dapat melakukan perhitungan dengan tepat. Selanjutnya,
pada siswa Perempuan cenderung mengalami jenis kesalahan konsep pada indikator
salah dalam memahami unsur-unsur fungsi eksponen dan salah tidak lengkap atau
salah menuliskan yang diketahui atau tidak menuliskan yang diketahui, sedangkan
pada jenis kesalahan prinsip cenderung mengalami kesalahan pada indikator salah
dalam memahami bilangan berpangkat dan salah tidak menuliskan kesimpulan
jawaban. Sementara itu, pada jenis kesalahan operasi siswa dapat melakukan
perhitungan operasi secara tepat. | en_US |