• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Accounting
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Accounting
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Prosedur Pengadaan Persediaan Alat Tulis Kantor dengan Metode Pengadaan Langsung Pada Badan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Lumajang

    Thumbnail
    View/Open
    LINTANG MAHABERLIAN PRADNYAPARAMITA-160803104025.pdf (3.819Mb)
    Date
    2019-09-26
    Author
    PRADNYAPARAMITA, Lintang Mahaberlian
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari hasil selama proses kegiatan Praktek Kerja Nyata pada Badan Pajak dan Retribusi Daerah ± 1 bulan, penulis dapat menyimpulkan: 1. Prosedur yang terkaitdalamPengadaanBarang ATK a. Prosedur Pemesanan KPA (Kuasa Pengguna Anggaran) menyusun KAK dan menyerahkan KAK (Kerangka Acuan Kerja) kepada Pejabat Pembuat Komitmen untuk menyusun HPS (Harga Perkiraan Sendiri) jika pengadaan lebih dari 200 juta rupiah maka akan dilakukan proses lelang. Selanjutnya membuat RAB untuk mengambil penawaran nilai terendah dari para penyedia barang dan memberikan undangan kepada penyedia barang.Setelah itu, PPK membuat BA Pengadaan Barang yang kemudian diberikan kepada Pejabat Pengadaan untuk ditandatangani ke Penyedia Barang. b. Prosedur Penerimaan Barang Setelah penyedia barang menandatangani SPK, penyedia barang membuat surat pesanan untuk diberikan ke PPHP. Setelah PPHP menerima surat pesanan, maka PPHP akan membuat BA penyerahan barang sebanyak 3 rangkap. Selanjutnya, pengurus persediaan barang akan membuat BA penerimaan barang dan kemudian barang yang telah diterima disimpan dan ditata untuk diberikan kepada bidang/UPT. c. Prosedur Pembayaran Bendahara pengeluaran membuat SPP LS (Surat Permintaan Pembayaran Langsung) untuk permintaan pembayaran SPM LS (Surat Perintah Membayar Langsung).Bendahara pengeluaran mengumpulkan dokumendokumen yang dibutuhkan dan yang terkait untuk pembayaran langsung.SPM LS yang sudah diotorisasi oleh Penggunan Anggaran selanjutnya diajukan pada BPKD untuk mengeluarkan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana).Pembayaran dilakukan BPKD langsung kepada rekanan beserta barang. 2. Kegiatan yang dilakukan selama Praktek Kerja Nyata a. Membantu Sub Bidang Sekretariat b. Membantu Sub Bidang Umum dan Kepegawaian 3. Selama kegiatan Praktek Kerja Nyata yang dilakukan penulis mengidentifikasi masalah diantaranya adalah kurang tepat waktunya atau keterlambatan barang datang yang sudah dipesan oleh Badan Pajak dan Retribusi Daerah kabupaten Lumajang. Sehingga harus menghemat penggunaan atau membatasi pengambilan kebutuhan barang setiap Sub Bidang seperti kertas HVS F4 yang sangat penting sekali dalam kegiatan operasional perusahaan. Adapun solusi yang diberikan penulis sebagai alternatif adalah dengan memesan barang yang paling terpenting atau barang yang mudah habis seperti kertas HVS F4 kepada rekanan/penyedia barang. Sehingga jika stok digudang habis penyedia barang/rekanan akan mengirimkan barang kepada Badan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Lumajang atau memesan kepada rekanan lain yang stoknya selalu ada dan tepat waktu sesuai kontrak yang sudah disetujui bersama.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92980
    Collections
    • DP-Accounting [660]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • IMPLEMENTASI E-PROCUREMENT DALAM TATA KELOLA PENGADAAN BARANG DAN JASA (Studi Kasus Penerapan E-procurement Dalam Pengadaan Barang dan Jasa Pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Probolinggo) 

      Yuliar, Dani Fernda (2018-04-12)
      Masih tidak jelasnya penetapan sumber daya baik itu dari sumber daya manusia maupun sumber daya teknis seperti sarana dan prasarana LPSE itu sendiri. Yang seharusnya LPSE merupakan badan yang berdiri sendiri atau paling ...
    • PROSEDUR PENGADAAN BARANG, PEMUNGUTAN, PENYETORAN, DAN PELAPORAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAS PENGADAAN INVENTARIS PERUSAHAAN PADA PERSEROAN TERBATAS (PT) PERKEBUNAN NUSANTARA XII KANTOR TATA USAHA JEMBER 

      Anita Eka Rahmawati (2014-01-27)
      Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan Negara yang sangat penting bagi terwujudnya tujuan pembangunan yang adil dan makmur. Pajak lebih mencerminkan keikutsertaan rakyat secara langsung dalam pembiayaan pembanguan ...
    • KETIDAKSESUAIAN DALAM PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH BERDASARKAN LAPORAN HASIL AUDIT INSPEKTORAT KABUPATEN PASURUAN DI KEC.BANGIL TAHUN 2012 DITINJAU DARI PERPRES TENTANG PENGADAAN BARANG / JASA PEMERINTAH 

      WARDHANA, ADYA AULIA (2015-12-01)
      Praktik penyimpangan yang terjadi, salah satunya ditemukan pada pemeriksaan yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Pasuruan pada tahun 2012 pada Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan ditemukan beberapa sektor pengadaan ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository