Show simple item record

dc.contributor.advisorLATIEF, Misno A.
dc.contributor.advisorBUDYAWATI, Luh Putu Indah
dc.contributor.authorFAZAARI, Khadijah Al
dc.date.accessioned2019-09-24T07:32:24Z
dc.date.available2019-09-24T07:32:24Z
dc.date.issued2019-09-24
dc.identifier.nim150210205056
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92961
dc.description.abstractAnak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-8 tahun yang memiliki keunikan tersendiri. Anak usia dini juga memiliki karakteristik aktif, energik, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, eksploratif, dan kecerdasan yang berbeda-beda. Metode pembelajaran adalah pola umum perbuatan guru dan murid dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar, sekaligus segala usaha guru untuk menerapkan berbagai metode pembelajaran dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Bermain peran merupakan pemainan yang dilakukan anak dengan cara memerankan tokoh-tokoh, benda-benda, binatang ataupun tumbuhan yang ada disekitar anak. Observasi yang telah dilakukan di PAUD Al Hidayah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember memberikan hasil, bahwa kemampuan sosial emosional anak masih kurang pada saat proses pembelajaran berlangsung. Melihat kondisi yang demikian pembelajaran bermain peran dicobakan untuk mengetahui pembelajaran tersebut berpengaruh atau tidak terhadap kemampuan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan satu kelompok untuk dijadikan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan jumlah anak sebanyak 17 anak. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap kemampuan sosial emosional anak kelompok B PAUD Al Hidayah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran bermain peran terhadap kemampuan sosial emosional anak kelompok B PAUD Al Hidayah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan di PAUD Al Hidayah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B PAUD Al Hidayah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan jenis penelitian ini adalah penelitian Pra Eksperimental dan desain penelitian Treatment by Subjects Desain. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan metode pembelajaran bermain peran terus menerus selama 4 hari atau 4 kali pertemuan berturut-turut, sedangkan kelompok kontrol diberikan perlakuan metode pembelajaran pemberian tugas. Kedua kelompok kontrol dan eksperimen diujikan pretest dan posttest. Hasil penelitian dapat diperoleh nilai rata-rata pada saat dilakukan pretest sebesar 60,55. Hasil posttest pada kelompok kontrol sebesar 58,93, sedangkan untuk kelompok eksperimen sebesar 86,64. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran bermain peran dapat mempengaruhi kemampuan sosial emosional anak. Saran yang disampaikan yaitu metode pembelajaran bermain peran sangat efektif diterapkan, maka perlu diajarkan atau diterapkan oleh guru, saat penyampaian atau pemberian istruksi guru harus jelas agar mudah ditangkap anak. Bagi kepala TK, metode bermain peran dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi daam peningkatan kompetensi guru.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectmetode pembelajaranen_US
dc.subjectBermain peranen_US
dc.subjectKemampuan sosialen_US
dc.subjectSosial emosionalen_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.titlePengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok B PAUD Al Hidayah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record