Show simple item record

dc.contributor.advisorFITRIYAH, Chumi Zahroul
dc.contributor.advisorFINALI, Zetti
dc.contributor.authorAPSARI, Devfinda Ratih Yuli
dc.date.accessioned2019-09-24T07:12:32Z
dc.date.available2019-09-24T07:12:32Z
dc.date.issued2019-09-24
dc.identifier.nimNIM150210204144
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92957
dc.description.abstractJenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan pola Intact Group Comparison. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa beda nilai posttest ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan menggunakan teknik random sampling (acak) dengan hasil kelas IVA ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB ditetapkan sebagai kelas kontrol. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, peneliti terlebih dahulu melakukan uji homogenitas untuk mengetahui homogen tidaknya kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan. Uji homogenitas dilakukan menggunakan nilai tengah semester gasal siswa kelas IVA dan IVB. Berdasarkan hasil uji homogenitas dengan uji-t diperoleh hasil t0 sebesar 0,301. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel, diketahui db = (35 + 35) – 2 = 68 pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai ttabel = 1,671. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa hasil t0 < ttabel (0,301 < 1,671), sehingga keadaan kedua kelas sebelum diadakan penelitian adalah homogen. Data yang dianalisis yaitu berupa beda nilai posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik analisis uji-t. Hasil perhitungan tersebut kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% atau taraf kepercayaan 0,95 dengan db = 68, sehingga diperoleh nilai ttabel yaitu 1,671. Hasil perhitungan uji-t pada ranah kognitif yaitu thitung > t tabel (3,831 > 1,671), pada ranah afektif yaitu thitung > ttabel (2,498 > 1,671), dan pada ranah psikomotorik yaitu thitung > ttabel (3,987 > 1,671), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Selanjutnya, dilakukan perhitungan uji keefektifan relatif (ER) untuk mengetahui keefektifan dari pengaruh media Kokami pada saat pembelajaran. Hasil perhitungan uji keefektifan relatif (ER) menunjukkan bahwa media Kokami pada ranah kognitif memiliki tingkat keefektifan 10% dengan kategori sangat rendah, pada ranah afektif tingkat memiliki keefektifan 7,59% dengan kategori sangat rendah, dan pada ranah psikomotorik memiliki tingkat keefektifan 15% dengan kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa kelas eksperimen (IVA) yang pada saat pembelajaran menggunakan media Kokami lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol (IVB) yang tidak menggunakan media Kokami pada saat pembelajaran. Media Kokami diharapkan menjadi alternatif media yang inovatif bagi guru dan dapat dijadikan bahan rujukan bagi penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries150210204144;
dc.subjectMedia Kokamien_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Media Kokami Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema “Indahnya Keragaman di Negeriku” Kelas IV SDN Sumbersari 01 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record