dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan
model pengembangan R&D yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2)
perencanaan; (3) pengembangan draft produk; (4) uji coba lapangan awal; (5)
revisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan; (7) penyempurnaan produk hasil uji
coba lapangan; (8) uji pelaksanaan lapangan; (9) penyempurnaan produk akhir;
dan (10) desiminasi dan implementasi. Namun penelitian ini hanya sampai pada
tahap ke 8 karena keterbatasan waktu dan biaya yang dimiliki peneliti. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan tes. Teknik analisis data
yang digunakan adalah uji validitas yang dilakukan kepada 3 validator untuk
memperoleh nilai kelayakan LKPD, uji tes hasil belajar untuk memperoleh tingkat
efektivitas LKPD dan respon siswa.
Hasil dari penelitian ini adalah LKPD berbasis permainan tradisional ini
telah melalui tahap validasi yang dilakukan oleh 2 validator ahli yakni dosen
FKIP Universitas Jember dan 1 validator pengguna yakni guru kelas II SDN
Sumbersari 03 Jember. Validasi yang dilakukan meliputi validasi isi, bahasa,
penyajian, dan kegrafikan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh presentase
validasi sebesar 84%. Secara keseluruhan LKPD berbasis permainan tradisional
ini telah dikategorikan layak dan dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran.
Efektivitas LKPD berbasis permainan tradisional ini diukur melalui hasil belajar
ranah kognitif siswa. Hasil belajar ranah kognitif siswa sebesar 92% untuk
minimal nilai sama dengan KKM yakni 65 dengan kriteria sangat baik. Dengan
demikian efektivitas LKPD berbasis permainan tradisional ini dapat dikategorikan
sangat efektif. LKPD berbasis permainan tradisional ini mendapatkan respon
positif dari siswa dengan presentase respon positif yang diperoleh mencapai
96,6% pada uji coba lapangan awal dan 88,6% pada uji coba lapangan utama atau
dalam kategori respon sangat tertarik.
Berdasarkan hasil yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa
LKPD berbasis permianan tradisional merupakan LKPD yang layak dan efektif
untuk digunakan dalam pembelajaran. | en_US |