• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi PETA Konsep Tema 6 Cita-Citaku Pada Kelas IV di SDN Umbul 01 Lumajang

    Thumbnail
    View/Open
    Alfiatun Mutammimah -150210204111_.pdf (7.919Mb)
    Date
    2019-09-24
    Author
    MUTAMMIMAH, Alfiatun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Umbul 01 Lumajang pada hari Sabtu tanggal 03 November 2018 (prasiklus), hari Sabtu tanggal 16 Februari 2019 (siklus I), dan hari Jum’at tanggal 22 Februari 2019 (siklus II) dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan (6x35 menit). Penggunaan strategi belajar peta konsep pada tema cita-citaku di kelas IV SDN Umbul 01 Lumajang berjalan dengan baik dan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sudah dibuat sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan strategi peta konsep. Secara klasikal aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 80% (aktif) mengalami peningkatan sebesar 17,5% menjadi 97,5% (sangat aktif) pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa, pada siklus I secara klasikal skor rata-rata kognitif sebesar 82, psikomotor sebesar 78, dan afektif sebesar 86 atau jika di rata-rata memperoleh skor sebesar 82 (sangat baik), sedangkan pada siklus II secara klasikal skor kognitif sebesar 84,3, psikomotor sebesar 81, dan afektif sebesar 95,3 atau jika dirata-rata memperoleh nilai 88 (sangat baik). Kesimpulan dari peneltian ini adalah penggunaan strategi belajar peta konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV tema 6 citacitaku di SDN Umbul 01 Lumajang. Saran dari peneliti bagi guru diharapkan dapat menerapkan strategi peta konsep sebagai strategi alternatif dalam proses pembelajaran agar pembelajaran lebih inovatif dan siswa lebih tetarik dalam pembelajaran. Bagi peneliti diharapkan strategi peta konsep ini tidak hanya digunakan pada tema Cita-citaku, namun pada proses pembelajaran yang lainnya. Sedangkan bagi peneliti lain dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya yang sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92931
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository