Show simple item record

dc.contributor.advisorWAHYUNI, Sri
dc.contributor.advisorWIDODO, Joko
dc.contributor.authorRISMAWATI, Fitria
dc.date.accessioned2019-09-23T08:45:15Z
dc.date.available2019-09-23T08:45:15Z
dc.date.issued2019-09-23
dc.identifier.nim150210301006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92923
dc.description.abstractPerkembangan zaman yang ketat akan persaingan, perusahaan harus mampu mengenali apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen untuk saat ini dan untuk yang akan datang. Saat ini banyak bermunculan klinik kecantikan yang menawarkan berbagai jasa dan produk kecantikan, karena didorong oleh semakin banyaknya kebutuhan dan keinginan konsumen dalam hal perawatan kecantikan. Jember merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang memiliki perkembangan ekonomi yang bagus. Oleh karena itu para enterpreneur melihat Jember merupakan kota yang mempunyai potensi pasar yang menjanjikan untuk mendapatkan pangsa pasar yang semakin luas, sehingga terdapat industri yang bergerak dibidang barang maupun jasa dikota Jember. Salah satu klinik kecantikan terbaik di Indonesia yang membuka cabang dikota Jember adalah Larissa Aesthetic Center. Larissa Aesthetic Center cabang Jember merupakan salah satu klinik kecantikan yang berusaha memenuhi kebutuhan konsumen terhadap perawatan kecantikannya yang mengusung konsep “ Natural Ingredient with Technology” yang merupakan cabang ke 19 dari 36 cabang. Perawatan jasa dan produk yang ditawarkan Larissa Aesthetic Center cabang Jember menggunakan bahan-bahan alami, yang dalam pemasarannya memiliki tantangan tersendiri untuk memperkenalkan perawatan dan produknya kepada masyarakat karena membutuhkan waktu yang relatif lama dalam menghasilkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu Larissa Aesthetic Center cabang Jember mengembangkan keunggulan bersaing dengan melakukan strategi Segmenting, penargetan pasar (targeting), dan memposisikan (Positioning) perusahaan dengan tepat dibenak konsumen, sehingga sampai saat ini jumlah kunjungan Larissa Aesthetic Center cabang Jember dari tahun ke tahun rata-rata mengalami kenaikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning Larissa Aesthetic Center cabang Jember. Subjek penelitian ini adalah Branch Manager Larissa Aesthetic Center cabang Jember sebagai informan utama yang memiliki wewenang dalam menentukan strategi STP, dan untuk informan tambahannya adalah Customer Service dan konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa Larissa Aesthetic Center cabang Jember memiliki kriteria dalam menentukan segmentasi pasar untuk produk dan pelayanan jasa, yaitu menggunakan beberapa dasar antara lain: variabel segmentasi geografis yaitu dalam pemasarannya tidak hanya menyebar di daerah Jember melainkan menyasar di wilayah tapal kuda seperti Jember, Bondowoso, dan Lumajang. Segmentasi demografisnya meliputi PNS, karyawan swasta, mahasiswa, ibu- ibu muda, usia (17-60 tahun), melayani perempuan dan laki-laki yang berpendapatan sedang dan menengah kebawah. Segmen yang dipilih untuk dijadikan target pasar adalah mahasiswa, ibu-ibu muda, dan kalangan swasta karena Larissa menganggap target utama tersebut memiliki tingkat pertumbuhan penjualan yang tinggi karena harga yang ditawarkan masih mudah untuk dijangkau bagi kalangan mahasiswa. Untuk penetapan target pasarnya menggunakan strategi penetapan majemuk (Multisegment Targeting Strategy) yaitu perusahaan menganut sistem pemasaran majemuk, dimana Larissa Aesthetic Center cabang Jember menciptakan beberapa jenis perawatan dan produk berbeda yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan semua konsumen. Larissa Aesthetic Center cabang Jember melakukan Positioning dengan cara menempatkan citra merek dibenak konsumen dengan memberikan manfaat kesehatan bagi kulit, memberikan kualitas pelayanan yang baik dan menetapkan harga sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectStrategi Pemasaranen_US
dc.subjectSegmentingen_US
dc.subjectTargetingen_US
dc.subjectPositioningen_US
dc.titleStrategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) pada Larissa Aesthetic Center Cabang Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record