• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Etnomatematika Pembuatan Kerajinan Tangan Anyaman Bambu Masyarakat Osing di Desa Gintangan sebagai Bahan Ajar Geometri

    Thumbnail
    View/Open
    Fahmi Alan Fajar-150210101028.pdf (3.109Mb)
    Date
    2019-09-23
    Author
    FAJAR, Fahmi Alan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Etnomatematika merupakan penggabungan dari dua kata yakni etno dan matematika. Etno menunjuk pada suatu budaya atau kelompok masyarakat sosial, sedangkan matematika adalah ilmu yang mempelajari mengenai bilangan dengan operasinya yang mengandung kebenaran serta aturan tertentu dalam penyelesaiannya, yang penerapannya banyak digunakan dalam kehidupan seharihari. Etnomatematika adalah penerapan ilmu matematika dalam kehidupan berbudaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan etnomatematika pembuatan kerajinan tangan anyaman bambu di desa Gintangan Banyuwangi. Hal-hal yang didapatkan pada penelitian ini diubah dalam bentuk bahan ajar geometri yakni Paket Soal Tes dengan topik Etnomatematika. Penelitian ini dilakukan di desa Gintangan Banyuwangi terhadap masyarakat yang berprofesi sebagai pengrajin anyaman maupun ataupun mandor pengrajin anyaman. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa etnomatematika pada aktivitas yang digunakan oleh pengrajin anyaman yakni aktivitas menghitung, mengukur, dan mendesain. Etnomatematika pada aktivitas menghitung muncul saat petani menentukan waktu pengeringan rautan bambu untuk membuat anyaman dan menentukan jumlah rautan bambu dari masingmasing kerajinan tangan anyaman bambu diantaranya kukusan, ereg, tenong, dan nyiru. Pada aktivitas-aktivitas tersebut tampak konsep matematika yaitu perbandingan. Etnomatematika pada aktivitas mengukur muncul saat petani menentukan tebal/tipisanya rautan bambu untuk anyaman kukusan, ereg, tenong, dan nyiru. Pengrajin anyaman mengukur dengan menggunakan meteran. Pada aktivitas-aktivitas tersebut tampak konsep matematika yaitu pengukuran. Etnomatematika pada aktivitas mendesain muncul saat pengrajin anyaman bambu membuat pola anyaman. Saat pengaturan pola anyaman bambu tampak pola anyaman bambu yang digunakan yakni berbentuk bangun datar persegi dan persegi panjang. Hasil penelitian ini akan dibuat produk bahan ajar geometri berupa paket soal tes. Pokok bahasan yang akan diangkat yakni indikator-indikator yang dapat teramati dengan baik dan bisa diterapkan dalam perhitungan serta konsep matematika. Pada Paket Soal Tes ini diangkat pokok bahasan yakni perbandingan senilai, serta bangun datar. Soal dan penjelasan yang dibuat merupakan aplikasi atau penerapan dari etnomatematika pembuatan kerajinan tangan anyaman bambu. Aktivitas yang akan diterapkan terfokuskan pada aktivitas menentukan jumlah rautan bambu, dan menentukan pola anyaman bambu yang dihasilkan. Paket soal tes yang dihasilkan menggambarkan beberapa etnomatematika pada aktivitas pengrajin anyaman bambu yang menggunakan konsep matematika dalam aktivitas membuat anyaman dari bambu. Aktivitas yang pertama adalah menentukan jumlah rautan bambu yang akan digunakan untuk membuat anyaman bambu kukusan, ereg, tenong, dan nyiru. Soal yang dibuat akan berhubungan dengan konsep perbandingan senilai. Aktivitas kedua adalah penentuan pola anyaman bambu. Pada aktivitas tersebut, akan dibuat soal yang akan dihubungkan dengan konsep bangun datar persegi dan persegi panjang. Berdasarkan hasil penelitian dari beberapa etnomatematika pada aktivitas-aktivitas tersebut, akan disajikan ke dalam bentuk soal yang tertera dalam bahan ajar geometri berupa paket soal tes pada lampiran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92921
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository