dc.description.abstract | Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh data yang
menunjukkan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen 1 sebesar 0,71692
dan kelas eksperimen 2 sebesar 0,73009. Mengingat kedua nilai tersebut berada
diantara rentang nilai 0,70 ≤ n ≤ 1,00, maka peningkatan hasil belajar sebelum dan
sesudah menggunakan media simulasi Crocodile Physics dapat dikategorikan
tinggi. Selain itu, berdasarkan rekapitulasi angket pengamatan yang dilakukan
viii
oleh tiga observer, diperoleh data yang menunjukan persentase keaktifan siswa
dan kesinambungan antara kegiatan yang disusun dalam RPP dan realisasi dalam
pembelajaran yang dilakukan oleh guru sebesar 68,33 oleh observer 1, 66, 67
oleh observer 2, dan 65 oleh observer 3. Data terakhir yang didapat dalam
penelitian ini adalah data daya retensi siswa. Pada data ini diperoleh data yang
menunjukan persentase pengaruh penggunaan media simulasi Crocodile Physics.
Pada kelas eksperimen 1 diproleh data persentase sebesar 99,35, dan pada kelas
eksperimen 2 diperoleh persentase sebesar 102,65. Hal ini dapat diartikan bahwa
daya retensi siswa tinggi, mengingat data persentase tersebut nilainya lebih dari
60. Berdasarkan uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media simulasi
Crocodile Physics efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran fisika disekolah
dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa serta daya retensi siswa yang tinggi. | en_US |