Show simple item record

dc.contributor.advisorWAHYUNI, Sri
dc.contributor.advisorWIDODO, Joko
dc.contributor.authorMUSTIKA, Diah Ayu
dc.date.accessioned2019-09-20T08:05:36Z
dc.date.available2019-09-20T08:05:36Z
dc.date.issued2019-09-20
dc.identifier.nim140210301009
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92893
dc.description.abstractPemasaran telah berkembang dari konsep pemasaran tradisional menjadi konsep pemasaran modern. Menurut sudut pandang pemikiran modern, pemasaran menekankan pada penerapan strategi untuk memuaskan pelanggan lebih baik daripada pesaing. Keberadaan pesaing memiliki pengaruh yang besar bagi perusahaan, sehingga untuk memenangkan persaingan dibutuhkan kemampuan perusahaan untuk menciptakan keunggulan bersaing melalui penerapan strategi pemasaran yang tepat. Tingkat persaingan yang tinggi dialami oleh para pemilik industri kerajinan kayu di Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Hal ini disebabkan jumlah industri kerajinan kayu di kelurahan tersebut yang cukup banyak. Maka dari itu, untuk menghadapi persaingan diperlukan fokus terhadap pasar yang mencakup pelanggan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan menerapkan orientasi pasar. Selain berorientasi pasar, inovasi produk yang berkelanjutan merupakan salah satu cara yang dilakukan pemilik industri kerajinan kayu untuk tetap bertahan dalam sebuah pasar yang terus berkembang. Keberhasilan penerapan orientasi pasar dan inovasi produk yang dilakukan oleh pemilik industri kerajinan kayu akan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada sentra industri kerajinan kayu Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar, dan untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap kinerja pemasaran pada sentra industri kerajinan kayu Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 responden. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas. Metode analisis data menggunakan analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis varian garis regresi, uji F, koefisien determinasi berganda, uji t, efektivitas garis regresi berganda, dan standard error of estimate dibantu dengan software SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan Y = 3,629 + 0,214X1 + 0,391X2 + e. Nilai Rsquare sebesar 0,778. Nilai Fhitung sebesar 120,661, dan nilai Ftabel sebesar 3,130 pada taraf signifikansi 0,05. Dengan kriteria Fhitung > Ftabel maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa orientasi pasar dan inovasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada sentra industri kerajinan kayu Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar sebesar 77,8%, sedangkan 22,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti seperti kreativitas, karakteristik pasar, keunggulan bersaing, kualitas pelayanan, dan audit pemasaran. Berdasarkan hasil uji efektivitas garis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel inovasi produk memiliki pengaruh lebih besar terhadap kinerja pemasaran sebesar 40,11% dibandingkan dengan variabel orientasi pasar yang berpengaruh terhadap kinerja pemasaran sebesar 37,66%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka diharapkan pemilik industri kerajinan kayu di Kelurahan Tanggung dapat mengoptimalkan penerapan orientasi pasar dengan meningkatkan pengetahuan mengenai pesaing, berinovasi dengan memproduksi lebih banyak variasi produk kerajinan kayu, dan mulai mengiklankan produk melalui internet. Saat ini internet semakin mudah diakses oleh pelanggan sehingga dengan lebih intensif memanfaatkan sumber informasi yang tersedia maka hasil produk kerajinan kayu di Kelurahan Tanggung dapat dikenal lebih luas.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectOrientasi pasaren_US
dc.subjectInovasi produken_US
dc.subjectKinerja pemasaranen_US
dc.titlePengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Pada Sentra Industri Kerajinan Kayu Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record