Show simple item record

dc.contributor.advisorNuriman
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorWIJAYANTI, Tri
dc.date.accessioned2019-09-17T07:19:22Z
dc.date.available2019-09-17T07:19:22Z
dc.date.issued2019-09-17
dc.identifier.nim150210204094
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92818
dc.description.abstractKemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat menawarkan bagi guru berbagai kemudahan dalam pembelajaran. Kecanggihan teknologi yang ada dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai sarana pembelajaran yang efektif dan efisien. Pada buku siswa materi IPA kelas IV terdapat KD 3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya. Materi IPA disajikan secara terintegrasi pada mata pelajaran lainnya dalam balutan tema. Hal tersebut menjadikan materi IPA yang dipaparkan kurang mendalam sehingga siswa kurang memahami materi secara eksplisit. Media yang disarankan pada buku guru berupa gambar sudah sesuai, akan tetapi tingkat interaksi antara guru dan siswa kurang sehingga membuat guru mendominasi pembelajaran dan siswa menjadi pasif. Berdasarkan masalah tersebut untuk memudahkan siswa memahami materi maka perlu adanya suplemen media pendukung agar pembelajaran menjadi menyenangkan, menarik perhatian, serta mengatasi keterbatasan ruang dan waktu sehingga pembelajaran tercapai secara maksimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini yaitu “bagaimanakah proses dan hasil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash pokok bahasan “Pelestarian Makhluk Hidup” yang valid, efektif dan menarik untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV DI sdn Patrang 01 Jember?”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash pokok bahasan “Pelestarian Makhluk Hidup” yang valid, efektif dan menarik untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV di SDN Patrang 01 Jember Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall. Penelitian ini terdiri dari 8 tahap, yaitu: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan dan pengembangan produk; (3) pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain produk; (5) revisi desain produk awal; (6) uji coba penggunaan; (7) revisi desain produk; dan (8) uji coba keefektifan. Tahap produksi massal dan desiminasi produk tidak dilakukan karena keterbatasan kemampuan, biaya, dan waktu penelitian. Hasil analisis data validasi media pembelajaran oleh validator mendapat rerata skor sebesar Va 4,61 dengan persentase kelayakan media sebesar 92,2% menunjukkan hasil yang baik dan valid. Tingkat validitas yang telah dilakukan oleh validator mencapai 92,2% dengan kategori sangat layak. Hal tersebut menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran “Pelestarian Makhluk Hidup” yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan sebagai media dalam kegiatan pembelajaran. Hasil pengembangan media dilihat dari persentase kelayakan multimedia pembelajaran, persentase banyaknya siswa yang mencapai nilai KKM, serta respons positif yang diberikan siswa terhadap multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase banyaknya siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebesar 89,28% atau dengan interpretasi sangat baik, serta rata-rata total persentase respons positif yang diberikan oleh siswa terhadap multimedia pembelajaran sebesar 95,32% atau dengan kategori sangat baik. Selain itu hasil analisis perbandingan nilai skor pretest dan postest yang menunjukkan kenaikan nilai yang diperoleh siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui nilai rata-rata pretest sebesar 58,64 sedangkan rerata postest 81,50 dari selisih rerata tersebut dapat diketahui kenaikan sebesar 22,86. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash pokok bahasan “Pelestarian Makhluk Hidup” valid, efektif dan menarik serta sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru sehingga dapat membantu dalam pencapaian tujuan pembelajaran secara maksimal.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMultimediaen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN INTERAKTIFen_US
dc.subjectBERBASIS FLASHen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pokok Bahasan “Pelestarian Makhluk Hidupen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record