dc.description.abstract | Fisika merupakan ilmu yang mempelajari fenomena-fenomena dan gejala
alam. Fisika sebagai salah satu mata pelajaran yang memiliki berbagai macam
rumus. Mempelajari fisika tidak hanya semata-mata menghafal rumus, melainkan
memahaminya terutama pada materi yang bersifat abstrak seperti relativitas
khusus Einstein. Namun pembelajaran yang sering terjadi siswa hanya menghafal
rumus tanpa mengetahui asal-usulnya, sehingga nilai hasil belajar menjadi rendah.
Hal ini juga akan berdampak pada ujian nasional. Menghafal rumus fisika tanpa
memahaminya tidaklah cukup sebagi bekal menyelesaikan soal ujian nasional
yang proses pengerjaannya dibatasi oleh waktu. Oleh karena itu, perlu adanya
rumus cepat yang dapat dijadikan sebagai bekal tanpa mengurangi pemahaman
siswa. Salah satu rumus cepat yang dapat digunakan yaitu metode Pythagoras
untuk menyelesaikan soal-soal relativitas khusus Einstein. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengkaji hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal
relativitas khusus Einstein menggunakan metode Pythagoras.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian
ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri Ambulu di Jember. Populasi penelitian ini adalah
kelas XII MIPA 1, XII MIPA 2, XII MIPA 3, XII MIPA 4, XII MIPA 5, dan XII
MIPA 6. Sampel dari penelitian ini diperoleh dari uji homogenitas terhadap
populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random
sampling area. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas XII MIPA 3 sebagai
kelas eksperimen dan kelas XII MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian
yang digunakan adalah post test only control design. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah relativitas khusus Einstein dengan
pokok bahasan kontraksi panjang, pemuaian waktu, konsep massa, dan energi
relativistik.
Berdasarkan hasil analisis data melalui uji Mann-whitney test diperoleh
nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai signifikasi hasil analisis data hasil
belajar lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Sesuai dengan kriteria pengambilan
keputusan uji Mann-whitney jika nilai sig ≥ 0,05 maka H0 diterima, dan jika nilai
sig < 0,05 maka Ha diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian terbukti bahwa
nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.
Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki
rata-rata sebesar 93,94 dan kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 75,31.
Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi metode
Pythagoras dalam menyelesaikan soal-soal relativitas khusus Einstein
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri
Ambulu | en_US |